PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMNULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PPRIBADI DENGAN MENGGUNKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE

Authors

  • Valentinus Ola Beding STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Mardawani Mardawani STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Valentinus Guna Making STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v3i2.986

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran think-talk-write dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen bagi siswa kelas IX SMP Negeri 04 Satu Atap Pinoh Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019; Mendeskripsikan aktivitas menulis cerpen siswa menggunakan model pembelajaran think-talk-write siswa kelas IX SMP Negeri 04 Satu Atap Pinoh Selatan Tahun pelajaran 2018/2019; Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran think-talk-write siswa kelas IX SMP Negeri 04 Satu Atap Pinoh Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Subyek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 04 Satu Atap Pinoh Selatan yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran think-talk-write di kelas IX SMP Negeri 04 Satu Atap Pinoh Selatan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran think-talk-write pada siswa kelas IX SMP Negeri 04 Satu Atap Pinoh Selatan dikategorikan sangat baik yaitu pada hasil siklus I ketuntasan belajar siswa adalah 74,07% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,59% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,52%., hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think-talk-write mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), bertindak (afektif), dan terampil menulis cerpen (psikomotorik). Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan model pembelajaran think-talk-write pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Kata kunci : Menulis cerpen, pengalaman pribadi, Model pembelajaran think-talk-write.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Beding, V. O., Mardawani, M., & Making, V. G. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMNULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PPRIBADI DENGAN MENGGUNKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 3(2), 102–112. https://doi.org/10.31932/jpbs.v3i2.986

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>