IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE KOTA SINTANG

Authors

  • Herpanus Herpanus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Valentinus Ola Beding STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Evi Fitrianingrum STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i1.2402

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program merdeka belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas se kota Sintangâ€. Sekolah Menengah Atas (SMA) di dalam Kota Sintang, khususnya SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4, sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar atau program merdeka belajar. Permasalahan yang timbul apakah program merdeka belajar yang diimplementasikan  sudah dilakukan sesuai dengan alur dari Kemendikbud atau tidak. Sehingga perlu dilakukan observasi lebih mendalam berkaitan dengan implementasdi program merdeka belajar pada keempat sekolah SMA tersebut. Mulai dari penyusunan RPP hingga peneilaian. Pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian adalah empat orang guru bahasa Indonesia SMA se kota Sintang. Objek penelitiannya adalah perangkat pembelajaran yang sesuai dengan format kurikulum merdeka belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tak berstruktur, observasi tak berstruktur, dan dokumen. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, SMA Negeri 1 Sintang belum menerapkan program merdeka belajar, sedangkan SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 yang ada di kota Sintang sudah menerapkan program merdeka belajar pada kelas X semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci: Program Merdeka Belajar, Bahasa Indonesia

References

Ningrum, Ajeng Sestya. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar. 2022. Volume 1 (1). 166-177. Tersedia dari: http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/186

Putri, Cindi Arjihan Desita, dkk. Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK Jurnal Tindakan Kelas. 2022. Volume 3 (1). Tersedia dari: https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article /view/104

Djafar, dkk. Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. BIOEDUKASI. 2022. Volume 13 (2). Tersedia dari: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/6348

Maulida, Utami. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 2022. Volume 5 (2). Tersedia dari: https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392

Hardani, dkk. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Maret 2020. CV. ResearchGate. Pustaka Ilmu Group. 2020. 14 Maret 2023. Tersedia dari: https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Herpanus, H., Beding, V. O., & Fitrianingrum, E. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE KOTA SINTANG. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 8(1), 33–38. https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i1.2402

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>