KEMAMPUAN MEMBACA PERCAKAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i2.747Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapatkan informasi kemampuan
membaca percakapan di kelas A13 program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini
adalah penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa A13 program
studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa
Sintang. Nilai rata-rata kemampuan membaca percakapan 83.19 dikategorikan
sangat baik. Skor setiap aspek penilaian membaca percakapan yaitu: (1) ketepatan
lafal dan intonasi adalah 98, (2) Kejelasan pengucapan kalimat/teks percakapan
adalah 96, dan (3) Kelantangan suara saat membacakan atau melakukan
percakapan adalah 97.
Kata Kunci : Kemampuan, membaca percakapan