HUBUNGAN MINAT MEMBACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA TEKS EKSPLANASI TEMA PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS VIII SMP 4 SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbs.v4i1.963Abstract
Tujuan penelitian adalah untukmengetahui minat membaca terhadaphasil belajar membaca teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan terikat yaitu fasilitas perpustakaan dan hasil belajar membaca teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sintang yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar angket, dokumen. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, analisa regresi, uji koefisien diterminan dan uji signifikasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian 1) minat membaca siswa SMP Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong baik. Dengan jumlah hasil rata-rata angket sebesar 76,18; 2) Hasil belajar membaca teks eksplanasi siswa Kelas VIIISMP Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong baik dengan nilai rata-rata 77,69. 3) Terdapat minat membaca dengan hasil belajar membaca teks eksplanasi siswa SMP Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunaka nuji t makat hitung > ttabel, yaitu 4,732 >1.69552, maka hipotesis Ha: r = 0 diterima (hipotesis yang ditetapkan bersifatnegatif). Kriteria pengujian jika thitung >ttabel, maka korelasi X dengan Y adalah signifikan, (maka signifikasi sama dengan data sampel dapat digeneralisasikan ke data populasi). Berdasarkan perhitungan di atas, dengan ketentuan α= 0,05; dk= n-2 = 33 -2 = 31 sehingga didapat ttabel = 1,69552. Ternyata thitung > ttabel, atau 4,732 >1.69552 maka signifikan, artinya terdapat hubungan yang signifikan (kuat) antara minatmembaca (X) dengan hasil belajar membaca teks eksplanasi (Y).
Kata kunci: minat membaca, hasil belajar