ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs SYU’LATUL MUNA

Authors

  • Debora Korining Tyas STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Evi Fitrianingrum STKIP Persada Khatulistiwa
  • Ahmad Sholihin STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v4i2.990

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kesalahan penulisan ejaan yang dilakukan oleh siswa kelas VII di MTs Syu’latul Muna. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan penulisan ejaan yang dilakukan siswa kelas VII MTs Syu’latul Muna tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII MTs Syu’latul Muna. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar soal tes tertulis, dan kamera. Teknik analisis data menggunakan metode agih, dan teknik analisis data : 1) Kategorisasi, 2) Tabulasi, dan 3) pendeskripsian. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Kesalahan Pemakaian Huruf khususnya huruf kapital sebanyak 223 kesalahan atau dengan presentase 57, 93%. 2) Kesalahan Penulisan Kata sebanyak 149 atau dengan presentase 38,71%. 3) Kesalahan Pemakaian Tanda Baca sebanyak 12 kesalahan atau dengan presentase 3,11%. 4) Kesalahan Penulisan Unsur Serapan sebanyak 1 atau dengan presentase 0,25%. Kesimpulan yang diperoleh yaitu kesalahan penulisan ejaan yang dilakukan siswa kelas VII MTs Syu’latul Muna berjumlah 385 kasus kesalahan dan kesalahan paling dominan pertama adalah penggunaan huruf kapital, kedua adalah kesalahan penulisan kata, ketiga kesalahan pemakaian tanda baca, dan keempat kesalahan penulisan unsur serapan.

Kata Kunci: Kesalahan Penulisan Ejaan

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Tyas, D. K., Fitrianingrum, E., & Sholihin, A. (2019). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs SYU’LATUL MUNA. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 4(2), 135–141. https://doi.org/10.31932/jpbs.v4i2.990

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>