Pengaruh Model Pembelajaran JINEMAM Terhadap Berpikir Kritis Siswa Biologi

Authors

  • Farida Sri Wahyuni Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM,
  • Dwi Candra Setiawan Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM, https://orcid.org/0000-0003-3102-5350

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.494

Abstract

Faktor penentu keberhasilan pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran JINEMAM. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran JINEMAM terhadap berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa SMAS Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sejumlah 23 siswa dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol sejumlah 20 siswa. Instrumen tes berupa tes essay dan di uji reabilitas dan validitas sebelum digunakan. Data diperoleh dari hasil pretest posttest kedua kelas. Uji ANAKOVA digunakan sebagai uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran JINEMAM berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa biologi. Dengan demikian, model pembelajaran JINEMAM memiliki potensi dalam memberdayakan berpikir kritis siswa.

References

Asmayanti, D. (2017). Penerapan model pembelajaran example dan nonexample untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMA Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan, (Tesis tidak diterbitkan), Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung, Lampung.

Beni, B., Bustami, Y., & Leliavia, L. (2019). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe JiRQA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(1), 9-15. DOI: 10.33503/ebio.v4i01.308

Bustami, Y., & Corebima, A.D. (2017). The effect of jirqa learning strategy on critical thinking skills of multiethnic students in higher education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3), 13-22. DOI: 10.20431/2349-0381.0403003

Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451-457. DOI: 10.15294/jpii.v7i4.11721

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37-48. DOI: 10.14254/2071-8330.2018/11-2/3

Corebima, A.D. (2008). Dosen anak bangsa. Makalah Disajikan pada Pelatihan Pembelajaran Kooperatif TPS dan Jigsaw dengan Strategi Metakognitif Pada Dosen-dosen Biologi di SMAN Kota Pekanbaru. 5 Mei 2008.

Erdogan, F. (2019). Effect of cooperative learning supported by reflective thinking activities on students’ critical thinking skills. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(80), 89-112. DOI: 10.14689/ejer.2019.80.5

Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan model kooperatif make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1); 361-370. DOI: 10.23819/pi.v1i1.3042

Dewi, R., Ege B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative, integrated, reading, and composition berbasis media peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31-40. DOI: 10.31932/jpbio.v3i2.307

Finken, M., & Ennis, R.H. (1993). Illions critical thinking essay test. Illinois Critical Thinking Project. Departemen of Educational Policy Studies University of Illinois. http://evolkov.net/critic.think/tests/IllCTEssayTestFinken-Ennis12-1993LowR.pdf

Karim, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

Khalistyawati, M., & Muhyadi. (2018). Pengaruh model STAD dan jigsaw terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 187-205. DOI: 10.21831/jpk.v8i2.21852

Loes, C.N., & Pascarella, E.T. (2017). Collaborative Learning and Critical Thinking: Testing the Link. Journal of Higher Education, 88(5), 726-753. DOI: 10.1080/00221546.2017.1291257

Nurmala, R.S., Corebima, A.D., & Ibrohim, I. (2015). Pengaruh strategi problem based learning dipadu jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswan kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3), 130-136. DOI: 10.17977/jps.v3i3.8110

Palennari, M. (2011). Potensi strategi PBL integrasi dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi, 3(2), 26-33. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/466

Pranata, A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ipa siswa pada konsep cahaya, (Skripsi tidak diterbitkan), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Setiawan, D.C., Corebima, A.D., & Zubaidah, S. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa SMA Islam Al – Ma’arif Singosari Malang. BIODIK, 2(1). https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/3362

Setiawan, D.C., & Setiawan, D. (2018). JINEMAM: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (Semdikjar 2). Universitas Nusantara PGRI Kediri 4 Agustus 2018.

Sudin, S., Duda, H.J., & Supiandi, M.I. (2018). Pengaruh model reading questioning answering terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 1-8. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.260

Sukmaningtyas, B., Madang, K., & Suratmi, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap berpikir tingkat tinggi ( higher order thinking skills ) kelas XI pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(2), 67-74. DOI: 10.36706/fpbio.v5i2.7062

Trianto, T. (2012). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trochim, W. (2006). The research methods knowledge base. New York: Cornell University.

Wardika, K., Sulastri, M., & Dibia, K. (2014). Pengaruh model example non example terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, 2(1), 1-10. DOI: 10.23887/jjpgsd.v2i1.3091

Downloads

Published

2019-11-29