Pengaruh Model Pembelajaran JINEMAM Terhadap Berpikir Kritis Siswa Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.494Abstract
Faktor penentu keberhasilan pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran JINEMAM. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran JINEMAM terhadap berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa SMAS Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sejumlah 23 siswa dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol sejumlah 20 siswa. Instrumen tes berupa tes essay dan di uji reabilitas dan validitas sebelum digunakan. Data diperoleh dari hasil pretest posttest kedua kelas. Uji ANAKOVA digunakan sebagai uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran JINEMAM berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa biologi. Dengan demikian, model pembelajaran JINEMAM memiliki potensi dalam memberdayakan berpikir kritis siswa.References
Asmayanti, D. (2017). Penerapan model pembelajaran example dan nonexample untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMA Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan, (Tesis tidak diterbitkan), Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung, Lampung.
Beni, B., Bustami, Y., & Leliavia, L. (2019). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe JiRQA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(1), 9-15. DOI: 10.33503/ebio.v4i01.308
Bustami, Y., & Corebima, A.D. (2017). The effect of jirqa learning strategy on critical thinking skills of multiethnic students in higher education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3), 13-22. DOI: 10.20431/2349-0381.0403003
Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451-457. DOI: 10.15294/jpii.v7i4.11721
Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37-48. DOI: 10.14254/2071-8330.2018/11-2/3
Corebima, A.D. (2008). Dosen anak bangsa. Makalah Disajikan pada Pelatihan Pembelajaran Kooperatif TPS dan Jigsaw dengan Strategi Metakognitif Pada Dosen-dosen Biologi di SMAN Kota Pekanbaru. 5 Mei 2008.
Erdogan, F. (2019). Effect of cooperative learning supported by reflective thinking activities on students’ critical thinking skills. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(80), 89-112. DOI: 10.14689/ejer.2019.80.5
Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan model kooperatif make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1); 361-370. DOI: 10.23819/pi.v1i1.3042
Dewi, R., Ege B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative, integrated, reading, and composition berbasis media peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31-40. DOI: 10.31932/jpbio.v3i2.307
Finken, M., & Ennis, R.H. (1993). Illions critical thinking essay test. Illinois Critical Thinking Project. Departemen of Educational Policy Studies University of Illinois. http://evolkov.net/critic.think/tests/IllCTEssayTestFinken-Ennis12-1993LowR.pdf
Karim, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.
Khalistyawati, M., & Muhyadi. (2018). Pengaruh model STAD dan jigsaw terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 187-205. DOI: 10.21831/jpk.v8i2.21852
Loes, C.N., & Pascarella, E.T. (2017). Collaborative Learning and Critical Thinking: Testing the Link. Journal of Higher Education, 88(5), 726-753. DOI: 10.1080/00221546.2017.1291257
Nurmala, R.S., Corebima, A.D., & Ibrohim, I. (2015). Pengaruh strategi problem based learning dipadu jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswan kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3), 130-136. DOI: 10.17977/jps.v3i3.8110
Palennari, M. (2011). Potensi strategi PBL integrasi dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi, 3(2), 26-33. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/466
Pranata, A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ipa siswa pada konsep cahaya, (Skripsi tidak diterbitkan), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Setiawan, D.C., Corebima, A.D., & Zubaidah, S. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa SMA Islam Al – Ma’arif Singosari Malang. BIODIK, 2(1). https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/3362
Setiawan, D.C., & Setiawan, D. (2018). JINEMAM: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (Semdikjar 2). Universitas Nusantara PGRI Kediri 4 Agustus 2018.
Sudin, S., Duda, H.J., & Supiandi, M.I. (2018). Pengaruh model reading questioning answering terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 1-8. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.260
Sukmaningtyas, B., Madang, K., & Suratmi, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap berpikir tingkat tinggi ( higher order thinking skills ) kelas XI pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(2), 67-74. DOI: 10.36706/fpbio.v5i2.7062
Trianto, T. (2012). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trochim, W. (2006). The research methods knowledge base. New York: Cornell University.
Wardika, K., Sulastri, M., & Dibia, K. (2014). Pengaruh model example non example terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, 2(1), 1-10. DOI: 10.23887/jjpgsd.v2i1.3091
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) agree to the following terms:Â
- The all articles published on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) has no responsibility for claims or claims to be filed by third parties due to copyright infringement and make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. The authors fully responsible for the content of articles and advertisements published in the journal JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors accept and reassure you to transfer all our rights on the article, including processing, reproduction, representation, printing, publishing, distribution, and electronic transmission, to be used by JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) officials for unlimited use.
At the time of submission of the manuscript, the authors asked to complete the 'Copyright Transfer Form' and should be signed electronically.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here.