APLIKASI PENJUALAN TANAMAN HIAS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3663Keywords:
Aplikasi, Penjualan, Design ThingkingAbstract
Teknologi informasi dalam dunia bisnis sudah banyak di mangaatkan, hal ini menyebabkan perubahan yang luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, penanganan transaksi. Di Indonesia tanaman hias banyak peminat diminati oleh berbagai kalangan. Tanaman hias dapat dijadikan sebagai hobi hobi yang menyenangkan serta dapat menambahnilai estetika. Disisi lain, tanaman hias juga dapat menjadi peluang usaha melihat dari banyaknya peminat saat ini. Tujuan penelitian ini untuk memudahkan serta memberi kenyamanan pengguna dalam bertransaksi tanaman hias di desa Balam Merah kecamatan Bunut. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dalam melakukan testing. Aplikasi jual beli tanaman hias ini dibangun dengan bantuan Design Thinking sehingga memiliki nilai usability yang tinggi dan mysql sebagai tempat penyimpanan data. Aplikasi ini diuji menggunakan blacbox testing dengan berjalan sukses serta dilakukan User Accaptance Test (UAT) dengan memperoleh nilai rata-rata 85% dari 30 pecinta tanaman hias dengan predikat “Sangat Baik†yang berarti pecinta tanaman hias puas dengan aplikasi ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa responden menyukai aplikasi yang telah dibuat karena dapat membantu pengguna untuk menggunakan aplikasi dengan lebih mudah.References
Aisah, A., & Widodo, S. (2024). Perancangan User Interface Game Edukasi Android pada Mata Pelajaran Operasi Hitung Matematika dengan Metode Design Thinking. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.56211/sudo.v3i1.462
Angelina, K., Sutomo, E., & Nurcahyawati, V. (2023). Jurnal Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking using Design Thinking Approach. Tematik: Jurnal Teknologi …, 5, 70–78.
Aryansyah, D. F., Sokibi, P., & Fahrudin, R. (2023). Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Design Thinking Berbasis Android. Jumistik, 2(1), 128–135. www.ojs.amiklps.ac.id
Darmawan, D. (2023). Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Pemilihan Toko Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas†Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714
Feri Fariyanto, & Suaidah, F. U. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Kurniawan, G., Adnan, F., & Putra, J. A. (2023). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi E-Commerce Kain Batik pada UMKM Rezti’s Batik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(3), 551–560. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231036733
Musthofa, P. U., & Amrozi, Y. (2021). Model Situs E-Commerce Tanaman Hias. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi Dan Manajemen Basis Data), 4(1), 11–21. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/SIMADA/article/view/2615
Putri, N., Tri, M., & Kartika, R. (2022). PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI FORUM DISKUSI DAN JUAL BELI TANAMAN HIAS BERBASIS MOBILE memperoleh gelar Sarjana Komputer Disusun oleh : Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(9), 4264–4274.
Soedewi, S. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 17. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.