PERANCANGAN UI & UX APLIKASI PARIWISATA KOTA BERBASIS ANDROID DI KOTA DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.3022Keywords:
Aplikasi Pakota, User Interface, User Experience, Pariwisata, Design ThinkingAbstract
Artikel ini membahas pengembangan aplikasi pariwisata Kota (PAKOTA) di DKI Jakarta, dengan fokus pada masalah fitur kurang menarik dan antarmuka pengguna yang rumit. Metode Design Thinking digunakan dalam pengembangan, melibatkan tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian mencakup perancangan logo dan antarmuka pengguna (UI/UX) PAKOTA. Logo "PAKOTA" mencerminkan konsep pariwisata perkotaan yang dinamis, sedangkan antarmuka melibatkan halaman login, pendaftaran, halaman utama dengan tempat populer, submenu kategori, halaman favorit, tempat tujuan, dan halaman peta.Pengujian prototipe melibatkan lima responden untuk mendapatkan umpan balik pengguna. Hasilnya menunjukkan keberhasilan dalam beberapa skenario pengujian, dengan perbaikan yang mungkin diperlukan. PAKOTA diharapkan bukan hanya sebagai aplikasi pariwisata, tetapi juga sebagai alat untuk memperkuat ekonomi lokal, memberikan informasi lengkap, menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata berkelanjutan di Jakarta.
References
Amin, S. (2018). Enhancing User Experience in Android-based Tourism Applications. International Journal of Computer Applications, 180(15), 27–31.
Ashari, T., & Swalaganata, G. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Donasi Bencana BPBD Kota Batu Dengan Metode Design Thinking. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7, 3826–3838.
Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60.
Grietje, K. H., & Uneputty, E. P. (2013). Pengaruh Metode Brainstroming Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Penelitian Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FKIP Universitas Pattimura Ambon, 7(10).
Ikhlas, M. I., Zainudin Zukhri, S. T., & IT, M. (2022). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track. AUTOMATA, 3(2), 1–10.
Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26.
Kim, J. (2020). Design Thinking Approach in Mobile Application Development: A Case Study. International Journal of Human-Computer Interaction, 36(10), 877–888.
Li, Y. (2017). A Mobile Tourism Application to Enhance Tourist Experiences: A Preliminary Study. Proceedings of the 12th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication (IMCOM), 1–6.
Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan: Pengantar Pariwisata. Alfabeta.
Nugraha, R. N., Yuliantini, T., & Karyatun, S. (2019). Tren Pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 317–328.
Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1–8.
Wang, L. (2019). Investigating Factors Influencing User Satisfaction and Continuance Intention towards Mobile Travel Applications. Sustainability, 11(15), 4162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.