PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWER POINT PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31932/jutech.v4i1.2146Keywords:
Learning of Media, interaktif media, Microsoft Power PointAbstract
Penelitian ini dilakukan karena masalah yang dihadapi pendidik dalam penggunaan teknologi digital. Kurangnya kreativitas pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital, menyebabkan pendidik mengajar masih menggunakan cara yang konvensional dan hanya menggunakan media pembelajaran seadanya, sehingga menyebabkan peserta didik kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point untuk meningkatkan pembelajaan yang aktif, kreatif, dan inovatif serta meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang merupakan metode yang digunakan untuk menguji dan mengembangkan sebuah produk. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini saitu seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Pengadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran kelas V SD. Validasi ahli materi menunjukkan presentase 100% dengan kategori sangat layak, ahli media menunjukka presentase 100% dengan kategori sangat layak, guru menunjukan presentase 80% dengan kategori layak, dan uji coba peserta didik kelas V SD dengan presentase 91,4% dengan kategori sangat layak
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam
Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.
Anyan., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. Journal Education and Tecnology, 1(1), 14-20.
Bardi, & Jailani. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Peserta didik Sma. Jurnal Inovasi Teknologi
Pendidikan, 2(1), 49–63.
Nazalin, & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Peserta didik Kelas Xi Sma.
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221–236.
Putra, L. D., & Ishartiwi. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi
Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.
Rohmah, K. K., & Marimin. (2015). Pengaruh persepsi Peserta didik mengenai keterampilan mengajar, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi peserta didik Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK 1 Purwodadi. Jurnal Ekonomi Dinamika Pendidikan. 10 (2), 28-41.
Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik Untuk Peserta didik Smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–164.
Utami, F., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Tema 4 (Berbagai Pekerjaan) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Science Instruction and Technology, 1(1), 24-28.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.