PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

Authors

  • Fatkhan Amirul Huda STKIP Persada Khatulistiwa
  • Munawar Thoharudin STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.31932/jutech.v2i1.1219

Keywords:

CD Interaktif, Media Pembelajaran, Macromedia Flash

Abstract

ABSTRACT

This research aims to describe the development of interactive CD media using Macromedia Flash 8 on classification of animal subject for elementary school grade IV. The method in this research is research and development that combining research and development method according to Borg & Gall and ASSURE, that consist of 7 steps. These steps include: research and information, analyze learner characteristics, state objective, select or modify media, utilize, require learner response and evaluate. The results showed that the developed interactive CD has been feasible based on development steps. The results of media validation and material validation obtained scores average respectively by 90,62% and 99%, so interactive CD media feasible to applied in for elementary school grade IV. Then, based on student learning outcomes on a small scale trial shown 92% of students score is ≥ 63. On a large scale trial in SDN 23 Menyumbung and SDN 01 Kenukut the classical of student learning outcomes respectively increased for 53% and 34%. It can be concluded that the development of interactive cd media using macromedua flash 8 on classification of animal subject feasible to applied for elementary school grade IV.

Keywords: Interactive CD; Instructional Media; Macromedia Flash 8


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan media CD interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi menggolongkan hewan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengkombinasikan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall dan ASSURE yang terdiri dari 7 langkah, meliputi: penelitian dan pengumpulan data (research and information), analyze learner characteristics (menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran), state objective (menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran), select or modify media (memilih, memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan materi dan media yang tepat), utilize (menggunakan materi dan media), Require learner response (meminta tanggapan dari siswa)  and evaluate (mengevaluasi proses belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CD interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak sesuai dengan langkah-langkah pengembangan. Berdasarkan  hasil validasi media dan hasil validasi materi yang ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor masing-masing sebesar 90,62% dan 99%, maka media CD interaktif layak diterapkan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Kemudian berdasarkan tes hasil belajar siswa pada uji coba terbatas menunjukkan 92% siswa mendapat skor ≥63. Sedangkan pada uji coba skala luas di Sekolah Dasar Negeri 23 Menyumbung dan Sekolah Dasar Negeri 01 Kenukut ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat masing-masing sebesar 53% dan 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CD interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada materi menggolongkan hewan layak diterapkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.


Kata Kunci: CD Interaktif; Media Pembelajaran; Macromedia Flash 8


 

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan†Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen. Universitas Bina Nusantara. Jakarta Barat. Jurnal (Online)

Hasratudin, 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang berbasis karakter. Jurusan Matematika . Universitas Negeri Medan.

Maulida. 2013. “Pengembangan media CD interaktif untuk mata pelajaran geografi kelas X dengan tema hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi di SMA Negeri 1 Widang Tubanâ€. E-journal Unesa.

Nurliza, D.M dan Abdul H.R. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Desimal Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa SMP Kelas Vâ€. E-journal Unesa. Volume 3 Nomor 2.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA PRESS.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M.S dan Pupuh F. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

11-06-2021

How to Cite

Huda, F. A., & Thoharudin, M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH. JUTECH : Journal Education and Technology, 2(1), 33–41. https://doi.org/10.31932/jutech.v2i1.1219

Issue

Section

Articles