Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SDN 3 Singkawang

Authors

  • Wenny Safitri ISBI Singkawang
  • Rika Wahyuni ISBI Singkawang
  • Rien Anitra ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) Mengetahui aktivitas siswa saat diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Post-Test Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Singkawang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dua sampel, Effect Size, dan persentase aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Perbedaan tersebut ditandai dengan nilai  >  yaitu 4,997 > 2,011. (2) Model Pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, diperoleh Effect Size sebesar 0,93 yang berkriteria tinggi. (3)  Aktivitats siswa tergolong sangat aktif setelah diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom, diperoleh persentase 83,83%  dengan kategori sangat aktif.

References

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 215-224.

Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104-122.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646.

Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii smp pada materi bentuk aljabar di smp it nurul huda batujaya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 827-834.

Imawati, S., Meliyana, D., Yusuf, N., & Santoso, G. (2022). Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 14(2), 111-120.

Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik SMPN 1 kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209664.

Regina, U. C., Toriana, T., Anitra, R., & Setyowati, R. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179.

Septian, A., Inayah, S., & Putri, M. M. (2022). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran flipped classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2787-2798.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106-111.

Usmadi, U., & Ergusni, E. (2019). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas XI SMKN 2 Padang Panjang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(02).

Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 475-489.

Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Sekolah Menengah Pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1273-1283.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183-193.

Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Safitri, W., Wahyuni, R., & Anitra, R. (2024). Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SDN 3 Singkawang. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1281–1290. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3480

Issue

Section

Articles