https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/issue/feed J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 2024-06-09T14:03:31+00:00 Melinda Rismawati melris_l@yahoo.com Open Journal Systems <p>Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes twice a year, May and November, published by the Mathematics Education Program, Teacher Training and Education Faculty, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia.</p> https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/2949 Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Android Bermuatan Karakter Pada Materi Statistika 2024-05-30T13:35:26+00:00 Irena Widya Wardana irenawidyaaaa@gmail.com <em><span>Masalah yang</span><span lang="EN-GB"> ditemukan pada </span><span>siswa </span><span lang="EN-GB">SMP Koperasi Pontianak </span><span>adalah siswa </span><span lang="EN-GB">kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Setelah mengerjakan soal, siswa merasa puas bahwa tugas yang dikerjakan dapat terselesaikan, namun siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah didapatkan. Hal itu dikarenakan rendahnya karakter dan kurangnya minat belajar dan membaca siswa buku pelajaran yang disediakan oleh sekolah. Siswa lebih senang dan tertarik dengan smartphone dari pada membaca buku pelajaran. Pengembangan media pembelajaran komik berbasis android dengan bermuatan nilai karakter ini dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter siswa SMP Koperasi Pontianak. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengambangkan komik melalui perangkat android sebagai media pembelaran guna meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&amp;D) model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Koperasi Pontianak dengan menggunakan sampel sebanyak 22 siswa kelas VIII. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal posttest, angket respon siswa, angket respon guru, serta lembar validasi ahli materi dan media. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh rata-rata sebesar 88,44% serta hasil validasi materi sebesar 88,89% dengan kriteria “Sangat Valid”. Data yang diperoleh dari angket respon siswa adalah 93% dan angket respon guru sebesar 95,29% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil posttet siswa memperoleh rata-rata 86,36% dengan kriteria “Sangat Efektif”. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran komik berbasis android bermuatan karakter sangat cocok untuk digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi statistika. </span></em> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3200 Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah 2024-05-30T13:35:26+00:00 Khairunnisa Khairunnisa nissa4929@gmail.com Jamilah Jamilah jamilah.mtk2002@gmail.com Dewi Risalah risalahdewi@gmail.com <p><strong>Abstrak.</strong> <em>Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model penelitian adalah bentuk ADDIE meliputi tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri Ketapang dengan subjek penelitian terdiri dari ahli atau validator, guru, dan siswa kelas VIII berjumlah 20 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul ajar materi SPLDV berbasis model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah.</em><em> </em><em>Berdasarkan hasil pengembangan, penelitian, dan pembahasan terhadap modul ajar materi SPLDV berbasis model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas VIII SMP Negeri Ketapang layak digunakan sebagai bahan ajar. Pengembangan modul ajar mencapai Tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid dengan kevalidan media 85,13% dan materi 87,69%, Tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukkan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 82 % dan angket respon guru 86%, serta Tingkat keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. Hasil tes menunjukkan rata-rata siswa mendapatkan nilai 79,87.</em></p><p><strong><em> </em></strong></p><p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Modul Ajar, Model Pembelajaran PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah</em><em></em></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3260 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bunga & Anuitas 2024-05-30T13:35:26+00:00 Mustaqim - Aimi mustaqimaimi01@gmail.com Zulfitri Aima zulfitriaima1@gmail.com Dewi Yuliana Fitri dewiyulianafitri@upgrisba.ac.id <p><strong><em>Abstract</em></strong><strong>. </strong><em>This research was motivated by students' low understanding of mathematical concepts in solving a problem. This research analyzes students' ability to understand mathematical concepts in interest and annuity material. The purpose of this research is to determine students' ability to understand mathematical concepts in interest and annuity material. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this research were students of class XI AKL 3 SMK Negeri 2 Padang. The research instruments used were concept understanding tests, interviews and documentation.</em><em></em></p><p><strong><em> </em></strong></p><p><strong><em>Keyword: </em></strong><em>Ability to understand concepts, interest and annuities</em></p><p><em>.</em></p><p><strong> </strong></p><p><strong>Abstrak.</strong> <em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bunga dan anuitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bunga dan anuitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 3 SMK Negeri 2 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, wawancara dan dokumentasi </em>.</p><p><strong> </strong></p><p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Kemampuan Pemahaman Konsep, Bunga dan Anuitas<strong> </strong></em></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3267 KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB 2024-05-30T13:35:26+00:00 Cashia Anastasya 2225200010@untirta.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa SMP yang ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cikupa. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 siswa kelas 8A SMP Negeri 2 Cikupa.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes literasi matematis, dan wawancara. Siswa menjawab serangkaian soal yang diberikan oleh peneliti. Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan literasi matematis, Sedangkan angket dilakukan untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan semua gaya belajar dengan literasi sangat baik masing-masing dapat menyelesaikan 2 soal – 3 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Kemudian siswa dengan semua gaya belajar dengan literasi baik masing-masing dapat menyelesaikan 1 soal – 2 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Siswa dengan gaya belajar Divergen, assimilating , Converging dengan literasi kurang baik masing-masing dapat menyelesaikan 1 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Sedangkan siswa dengan gaya belajar accomodating dengan literasi kurang baik tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang disajikan, di mana indikator proses yang digunakan telah mencakup proses matematis dan kemampuan dasar matematis.</em></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3355 Pengaruh Penggunaan Aplikasi MathCityMap Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Yapis Merauke 2024-05-30T13:35:26+00:00 Abdul Rachman Taufik taufik_fkip@unmus.ac.id Dessy Rizki Suryani suryani_fkip@unmus.ac.id <em>Penelitian bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi MathCityMap terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Yapis Merauke dengan mengambil sampel siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengungkapkan tujuan penelitian meliputi tes numerasi dan angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk uji normalitas data menggunakan uji one sample Shapiro-Wilk dan dilanjutkan dengan analisis uji t satu sampel untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa setelah penerapan pembelajaran berbantuan MathCityMap termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata – rata 75.60. Rata – rata gain ternormalisasi pada hasil belajar siswa adalah 0.756. Nilai n-gain tersebut berada lebih dari N-gain 0.70 sehingga terjadi peningkatan kemampuan numerasi siswa setelah diterapkan pembelajaran MathCityMap pada siswa kelas VIII SMP Yapis dan termasuk kategori tinggi. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran MathCityMap dikategorikan positif dengan persentase 92,5%</em> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3366 EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII 2024-05-30T13:35:26+00:00 Ahmad Zaki zaki29092000@gmail.com Iskandar Zulkarnain hiskzulk@ulm.ac.id Taufiq Hidayanto taufiq.hidayanto@ulm.ac.id <p><em>Hasil penelitian PISA 2018 memperlihatkan bahwa siswa Indonesia memiliki literasi matematika yang rendah. Literasi matematika yang rendah tersebut tentunya dapat menimbulkan masalah di masa depan, terutama ketika siswa dihadapkan pada penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sangat penting bagi para pengajar untuk menggunakan strategi pembelajaran yang efektif agar meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education; (2) mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, dan gain ternormalisasi (N-gain). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematika siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “tinggi”, sedangkan kemampuan literasi matematika siswa di kelas kontrol secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “sedang”, selain itu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan uji n-gain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori “efektif” sedangkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional berada pada kategori “kurang efektif” sehingga dapat dinyatakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif digunakan dalam pembelajaran.</em></p><p><strong> </strong></p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Realistic mathematics education, kemampuan literasi matematika</em>, siswa MTs 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3372 Kemampuan Literasi Matematis dan Kaitanya dengan Penyelesaian Soal HOTS Berdasarkan Kecakapan Verbal Mahasiswa 2024-05-30T13:35:26+00:00 Anggie Yolanda Ritonga anggieyolanda2@gmail.com Elida Florentina Sinaga Simanjorang buelida.dosenku@gmail.com Anita Sri Rejeki Hutagaol boruhutagaolbest@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya literasi matematika, kemampuan menyelesaikan soal HOTS, dan kecakapan verbal mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi matematis dalam kaitannya dengan penyelesaian soal HOTS berdasarkan kecakapan verbal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, dan objek penelitiannya kecakapan verbal. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data memakai soal HOTS, angket dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh mahasiswa dengan kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecakapan verbal tinggi dapat memenuhi semua indikator yaitu menerapkan, merumuskan, dan menafsirkan. Tingkat sedang, memenuhi indikator menerapkan dan tingkat rendah, semua indikator belum dipenuhi dengan benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan mahasiswa dengan kecakapan verbal tinggi dengan kemampuan literasi matematis dalam kaitannya, menyelesaikan soal HOTS lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki kecakapan verbal sedang atau rendah</p><p> </p><p><strong><em>Kata </em></strong><strong><em>K</em></strong><strong><em>unci: Kemampuan Literasi Matematika, HOTS, Kecakapan Verbal</em></strong></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3399 Perbedaan Hasil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran TSTS dan TPS 2024-05-30T13:35:26+00:00 Ana Risqa JL anarisqa@radenintan.ac.id Rizki Wahyu Yunian Putra rizkiwahyuyp@radenintan.ac.id Wiwid Afma Indriani afmawiwidd@gmail.com <em>Tujuan penelitian membuktikan apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan (TSTS) dan (TPS). The post-test only control group desain kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Populasi kelas XI SMA SWADHIPA NATAR. Sampel 90 siswa diambil menggunakan system cluster random sampling sebayak 30 siswa XI IPA 1 menggunakan TSTS, 30 siswa XI IPA 2 TPS, 30 siswa XI IPA 3 menggunakan ekspasitori. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis data. Kesimpulan penelitian (1) adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran TSTS dan Ekspositori. Model pembelajaran TSTS menunjukkan hasil yang lebih baik daripada Ekspositori. (2) Tidak ada perbedaan pengaruh TPS dan Ekspositori. TPS memiliki efek setara dengan Ekspositori. (3) Dampak TSTS berbeda dengan TPS. TPS menunjukkan hasil lebih rendah dibandingkan TSTS</em> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3400 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMK 2024-05-30T13:35:26+00:00 alda aprillia aldaaprillia@gmail.com Tujuan penelitian ini untuk mengembangan media pembelajaran <em>powtoon </em>pada materi program linier di SMK Negeri Hulu Gurung yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan <em>Research and Development </em>(R&amp;D). Hasil penelitian terkait dengan kepraktisan setelah dihitung mencapai kategori sangat valid dengan nilai kevalidan media sebesar 90% dan nilai kevalidan materi sebesar 92,08%, kemudian tingkat kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis dengan hasil angket respon siswa mencapai nilai sebesar 92,66% dan angket respon guru mencapai nilai sebesar 80% dengan kriteria sangat efektif. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 75,6% berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3426 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Krulik dan Rudnick Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis 2024-05-30T13:35:26+00:00 Siti Mustika Alfiani 2225200009@untirta.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Pandeglang yang akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18,75% siswa kecerdasan logis matematis tinggi, terdapat 65,63% siswa kecerdasan logis matematis sedang, dan terdapat 15,63% siswa kecerdasan logis matematis rendah. Kemudian dari setiap kategori dipilih 3 siswa untuk dievaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika serta diwawancarai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, subjek kecedasan logis matematis tinggi memenuhi lima tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, mencari jawaban, serta merefleksikan dan mengembangkan. Subjek kecerdasan logis matematis sedang memenuhi empat tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, serta mencari jawaban. Subjek kecerdasan logis matematis rendah memenuhi dua tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir dan mengeksplorasi dan merencanakan.</em></p><p><em><br /></em></p><p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><strong> </strong><em>Pemecahan Masalah, Kecerdasan Logis Matematis, Tahapan Krulik dan Rudnick</em></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3428 Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa 2024-05-30T13:35:26+00:00 Desy Permana Sari desypermana20@gmail.com Mu'jizatin Fadiana mujizatin000@gmail.com Sumadi Sumadi 63sumadi@gmail.com <p><em>Currently, many studies on mathematics learning have been found in various literatures supported by the use of Realistic Mathematics Education (RME) learning. This meta-analysis study aims to determine the overall effect of using Realistic Mathematics Education (RME) learning on students' understanding of mathematical concepts. This study analyzed 13 journals indexed by SINTA with an interval of 2019-2023. Data were taken according to the inclusion and exclusion criteria of this study to determine the effect size (ES) and standard error (SE) values. The results of data analysis using the JASP software application version 0.18.1.0 show that the Realistic Mathematics Education (RME) learning on students' understanding of mathematical concepts as a whole has a positive influence where the estimated (ES) value is 0.736 or 74% based on RE Models with a moderate category, as well as the result of the p-value (egger's test) is 0.110 which means there is no indication of publication bias, as well as the results of the moderator variable analysis can also be seen that the application of Realistic Mathematics Education (RME) learning to students' understanding of mathematical concepts is appropriate for use at the elementary and junior high school levels with Estimation (ES) and RE Models values of 0.637 or 64% and 0.782 or 78% respectively, both of which are in the medium category.</em></p><div class="WordSection1"><p><strong><em>Keyword: </em></strong><em>Realistic Mathematics Education</em><em>,</em><em> Meta-Analysis</em><em>,</em><em> understanding of mathematical concepts</em><em></em></p><p><strong> </strong></p><p><em>Saat ini, banyak penelitian tentang pembelajaran matematika yang telah ditemukan dalam berbagai literatur yang didukung oleh penggunaan pembelajaran Realistic Mathematicss Education (RME). Studi meta-analisis ini bertujuan untuk menentukan pengaruh dan efek keseluruhan dari penggunaan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Pada studi ini menganalisis 13 jurnal yang terindeks SINTA dengan interval tahun 2019-2023. Data yang diambil pada penelitian ini sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang kemudian penelitian ini ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data yang digunakan menggunakan aplikasi software JASP versi 0.18.1.0 menunjukkan bahwa pembelajaran RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa secara keseluruhan memiliki pengaruh yang positif yang dimana didapatkan nilai Estimasi (ES) sebesar 0,736 atau 74% berdasarkan RE Models dapat dikategorikan pada kategori sedang, begitupula pada nilai p-value (egger’s test) yang sebesar 0.110 memberikan arti bahwa tidak terindikasi publication bias,</em><em> hasil dari analisis variabel moderator juga dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa tepat digunakan pada jenjang SD dan SMP dengan nilai Estimasi (ES) dan RE Models masing-masing sebesar 0,637 atau 64% dan 0,782 atau 78% yang keduanya berada pada kategori sedang.</em></p><p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Realistic Mathematics Education, Meta-Analisis, Pemahaman Konsep Matematika</em></p></div> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3455 Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Etnomatematika 2024-05-30T13:35:26+00:00 Imanuel Yosafat Hadi Manapa manuelmathematics@gmail.com <p><strong>Abstract. </strong><em>In mathematics learning, giving abstract symbols by the teacher is very boring for most students. Teachers still find it difficult to integrate and implement contexts and culture-based media in the learning process in elementary schools. Low achievement in mathematics learning is caused by ineffective models used by teachers causing difficulties in understanding the material so that student learning achievement becomes low. This study aims to determine the effectiveness of Problem Based Learning (PBL) and PBL learning models modified with an ethnomathematical approach to scale material. The population of this study amounted to 42 students who were divided into two classes, namely the experimental class (VA) and the control class (VB). The sampling technique used in this study was saturated sampling. The data collection technique used is a test. Data analysis conducted in this study is normality test, homogeneity test, and z test. The results showed that the average experimental class posttest result was 75.45 while the average control class posttest result was 62 and the calculation results of the hypothesis test using the z test, obtained the value with </em><em>= </em><em>. So it can be concluded that the learning achievement of students who are subjected to the Problem based learning (PBL) learning model with an ethnomathematical approach is better than the Problem based learning (PBL) learning model.</em><em></em></p><p><strong> </strong></p><p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Problem Based Learning (PBL), Ethnomathematics, Student achievement </em></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3462 Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Materi Peluang 2024-05-30T13:35:26+00:00 Nazira Amalia nazira.amalia27@gmail.com Wardani Rahayu wardani.rahayu@unj.ac.id Flavia Aurelia Hidajat Flaviaaureliahidajat@unj.ac.id <p><em>Pada abad ke-21 kemampuan literasi matematis sangat penting dimiliki siswa untuk mempermudah kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM pada materi peluang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya di SMAN 26 Jakarta kelas X IPA. Instrumen penelitiannya menggunakan tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa rendah. Hal ini terlihat pada indikator employ dan interpret, sebagian besar siswa mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan soal AKM. Kekeliruan tersebut berdampak pada kesimpulan yang dibuat siswa tidak sejalan dengan proses employ. Pada indikator formulate siswa umumnya mampu menentukan butir-butir informasi dengan benar meskipun belum lengkap dan rinci.</em></p><p><strong> </strong></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/2970 Praktikalitas Mathematics Comic Application Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Bermuatan Etnomatematika 2024-05-30T13:35:26+00:00 Amam Taufiq Hidayat amam@unimal.ac.id Rifaatul Mahmuzah rifaatul@unimal.ac.id Haves Qausar haves@unimal.ac.id Nurul Afni Sinaga Nurulsinaga@unimal.ac.id <p><em>Praktikalitas handphone android menjadi salah satu daya tarik banyak orang, sehingga masa penggunaannya sangat tinggi dibandingkan yang lain. Karena itu, pengembangan media pembelajaran harus dilakukan dengan menitikberatkan pada minat peserta didik dan harus diimbangi dengan kemudahan dalam pengguaannya. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui tingkat praktikalitas mathematics comic application sebagai media pembelajaran berbasis android bermuatan etnomatematika. Penelitian ini temasuk ke dalam kategori </em><em>Research and Devolopment (R&amp;D) dengan model ADDIE, dimana penelitian ini berfokus pada tahap pengembangannya, yakni uji coba </em><em>mathematics comic application sebagai media pembelajaran. Uji coba media dilakukan kepada siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara dan SMP negeri 3 Dewantara yang masing-masing terdiri dari 25 orang siswa dan 18 orang siswa. Setelah uji coba dilakukan, setiap siswa di kelas tersebut diberikan angket respon terkait praktikalitas media yang dikembangkan yang sebelumnya sudah divalidasi. Hasil analisis data angket respon kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara dan SMP negeri 3 Dewantara tersebut masing-masing didapatkan persentase kepraktisan media sebesar 88,50% dan 85,50%. Hasil ini menunjukan praktikalitas mathematics comic application termasuk kategori sangat praktis. </em><em></em></p> 2024-05-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3461 PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA 2024-05-30T13:35:26+00:00 Rotua Simbolon rotuasimbolon74@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA Santa Lusia Bekasi. Jenis penelitian ini Research and Development (R&amp;D). Model Reaserch and Development ini merupakan sebuah model pengembangan yang menggunakan masalah sebagai dasar utama untuk mendesain produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan tahun pelajaran 2023-2024 pada semester genap di kelas XI berjumlah 30 orang dalam analisis pendahuluan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes dan tes. Non tes terdiri dari: angket, wawancara, observasi dan studi dokumen sedangkan tes adalah berbentuk soal literasi matematika sebanyak 2 butir. Hasil penelitian pendahuluan menunjukan ada 83% guru mengajar masih bersifat konvensional, 70% guru mengajar masih seputar teori rumus belum sampai pada pembelajaran kontekstual. 77% menyatakan guru hanya masih menggunakan buku paket saat mengajar. Siswa dengan kemampuan literasi matematis tinggi sudah mampu mencapai keseluruhan indikator kemampuan literasi matematis yaitu indikator pemahaman, penerapan, penalaran dan komunikasi. Walaupun dalam proses penyelesaiannya ada beberapa kesalahan penulisan. Siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis sedang mampu memahami indikator pemahaman dan penerapan, namun masih tetap melakukan kesalahan-kesalahan teknis pada indikator tertentu yaitu penalaran dan komunikasi. Sedangkan siswa dengan kemampuan literasi matematis rendah hanya mampu memahami kemampuan literasi matematis pada indikator pemahaman. Hasil analisis kebutuhan ini perlu dilakukan penelitian lanjutan dalam pengembangan modul berbasis problem based learning (PBL).</em></p> 2024-05-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3450 Profil Kemampuan Spasial Siswa Koleris 2024-05-30T13:35:26+00:00 Lioni Anka Monalisa lionimonalisa904@gmail.com Susanto Susanto susanto.fkip@unej.ac.id Saddam Hussen saddamhussen.fkip@unej.ac.id Ifka Nurafni Hibatullah ifkanurafnihibatullah@gmail.com <em><span lang="EN-GB">Students with different personality types have different levels of visual-spatial intelligence. One of them is a koleris student who has level 1 in the category of imagination and conceptualization. Visual-spatial intelligence is a part of spatial ability that is related to the ability of the brain. In this study, it will be described regarding the spatial abilities of koleris students which include the ability of spatial perception, spatial visualization, and mental rotation. The research subjects were students of class X MIPA 1 of SMAN 1 Jember who were classified as personality types based on the results of the questionnaire. Next, two students from the koleris type were given the spatial ability test questions and were interviewed to test the credibility of the students' answers. The results of the analysis of answers to the test questions and interviews will be described in full and then drawn conclusions. The results showed that the spatial ability profile of koleris students was able to fulfill all indicators of spatial perception, two indicators of spatial visualization, and two indicators of mental rotation. A good organizational system makes students koleris able to draw three-dimensional shapes well and correctly</span></em> 2024-05-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3452 Studi Kasus: Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM 2024-05-30T13:35:26+00:00 Anggi Adelia Putri anggiadelia.21028@mhs.unesa.ac.id Pradnyo Wijayanti pradnyowijayanti@unesa.ac.id <p><em>Literasi numerasi merupakan suatu kecakapan dan pengetahuan dalam menggunakan berbagai angka dan simbol matematika dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada abad 21. Upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi numerasi siswa salah satunya yaitu menggantikan Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tujuan peneelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan lliterasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek terdiri dari 3 siswa perempuan dan berasal dari sekolah yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes soal AKM, dokumentasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa </em><em>kemampuan literasi numerasi pada siswa sudah cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan bahwa sudah memenuhi beberapa indikator literasi numerasi. Pada aspek komunikasi siswa sudah memenuhi indikator dapat </em><em>menuliskan proses dalam mencapai solusi dengan lengkap dan benar serta </em><em>d</em><em>apat menyimpulkan hasil matematika dengan lengkap dan benar. Pada aspek kemampuan matematisasi </em><em>siswa sudah memenuhi indikator yaitu dapat menggunakan pemahaman konteks untuk menyelesaikan masalah matematika dengan lengkap, namun pada aspek kemampuan representasi terdapat siswa yang masih kurang dalam merepresentasikan gambar/pola. Oleh karena itu, pada setiap pembelajaran guru dan siswa diharapkan banyak latihan soal dengan konteks sehari-hari.</em></p> 2024-05-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3453 Literasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity 2024-05-30T13:35:26+00:00 Safira Putri Ramadhani safiraputri.21023@mhs.unesa.ac.id Pradnyo Wijayanti pradnyowijayanti@unesa.ac.id <p>Literasi matematika merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi abad ke-21. Adapun program yang menilai literasi matematika siswa adalah PISA. Jika dibandingkan dengan konten PISA lainnya, hasil literasi matematika pada konten quantity masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini melibatkan siswa SMA kelas 10 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah pada proses merumuskan, siswa mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan akan tetapi siswa tidak mengubah masalah menjadi bahasa matematika. Dalam proses menerapkan, siswa merancang dan menggunakan strategi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan dan menerapkan fakta, aturan dan algoritma selama proses mencari solusi. Kemudian dalam proses menafsirkan, siswa menafsirkan penemuan hasil penyelesaian ke dalam permasalahan dan mengevaluasi kesesuaian hasil penyelesaian permasalahan.</p><p><strong>Kata Kunci:</strong> Literasi Matematika, PISA, Proses Matematika, Quantity</p> 2024-05-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3492 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menerapkan Teori Pirie-Kieren dalam Pembelajaran Merdeka Belajar 2024-05-30T13:35:26+00:00 Nurul Intan Zaqya 2225200089@untirta.ac.id <strong> </strong><em>The objective of this study is to gain insight into students' mathematical problem-solving abilities by applying the Pirie-Kieren theory in Merdeka Belajar learning. This type of research is descriptive qualitative, with an initial sample size of 30 seventh-grade students at SMPN 1 Pandeglang, selected using purposive sampling. Data were collected through tests and semi-structured interviews. The results of the problem-solving ability test data analysis indicate that 27% of students are in the high category, 40% are in the medium category, and 33% are in the low category. Students in the high category can complete 4 stages of problem solving, namely understanding the problem; planning the solution; implementing the solution; and checking back to ensure that all layers of understanding have been fulfilled, that is Primitive Knowing; Image Making; Image Having; Property Noticing; Formalising; Observing; Structuring; Inventising. Students in the medium category can complete 3 stages: understanding the problem, planning the solution, implementing the solution. They also fulfill 6 layers of understanding: Primitive Knowing, Image Making, Image Having, Property Noticing, Formalising, Observing. Students in the low category only complete 2 stages: understanding the problem and implementing the solution. They also fulfill 3 layers of understanding: Primitive Knowing, Image Making, Property Noticing</em> 2024-05-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3438 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Self Regulated Learning Dan Self Confidence Siswa 2024-05-30T13:35:26+00:00 Syahrul Gunawan gunawansyahrul0001@gmail.com Nanang Supriadi nanangsupriadi@radenintan.ac.id Rizki Wahyu Yunian Putra rizkiwahyuyp@radenintan.ac.id <p><em>Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi dampak keterampilan pemecahan masalah matematis terhadap regulasi diri dan kepercayaan diri siswa. Selain itu, artikel ini berupaya memberikan wawasan kepada para pendidik mengenai korelasi langsung antara pembelajaran mandiri, rasa percaya diri, dan kemahiran siswa dalam pemecahan masalah matematis di ruang kelas. Penelitian dilakukan di pada siswa kelas VIII di kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 117 siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket self-regulated learning dan kepercayaan diri serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: 1) adanya korelasi yang signifikan antara self-regulated learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) adanya hubungan yang penting antara kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 3) adanya hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dan self-solving pada aspek kepercayaan diri, dan 4) hubungan yang patut diperhatikan antara pengaturan diri dalam </em><em>self-regulated learning.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-Regulated Learning, Self-Confidence</em></p> 2024-05-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3391 Pengembangan Modul Ajar "Mathpreneur" Sebagai Penguatan P5 pada Implementasi Kurikulum Merdeka 2024-05-30T13:35:26+00:00 Liknin Nugraheni liknin@unipasby.ac.id Sunyoto Hadi Prayitno nyoto_hp@unipasby.ac.id Hanim Faizah fhanim@unipasby.ac.id Erlin Ladyawati erlin@unipasby.ac.id <p><em>Modul ajar adalah rancangan pembelajaran atau perangkat yang disusun berdasarkan penerpan kurikulum di satuan pendidikan, bertujuan guna mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Terdapat hubungan yang erat antara Kurikulum dan pembelajaran, hal ini dikarenakan tujuan Kurikulum adalah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas</em><em>. Pada Kurikulum Merdeka, pendidik dituntut dapat lebih inovatif dan kreatif dalam merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar "Mathpreneur" berbasis kurikulum merdeka pada materi yang Aritmatika Sosial kelas VIII SMP. Modul ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Diperoleh modul ajar “Mathpreneur” yang peneliti kembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.</em><em></em></p><p><strong><em> </em></strong></p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Modul ajar, Mathpreneur, Kemampuan Matematika, ADDIE, Kurikulum Merdeka</em> 2024-05-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3421 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS 2024-05-30T13:35:26+00:00 Beni Setiawan benzpetualang92@gmail.com Nurapni Sopia nurapni22sopia@gmail.co Andri Andri andry_tkr@yahoo.com Olenggius Jiran Dores olenggius@gmail.com Ahmad Supendi ahmad.supendi1611@gmail.com Martinus Viensius Merayang viensiusmerayang@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi ole</em><em>h </em><em>permasalahan hasil belajar sisw</em><em>a </em><em>kelas VIII SMPN 10 Satap Ketungau Tengah yang rendah. Penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS merupakan salah satu alternatif </em><em>penelitian</em><em> yang digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan</em><em>, </em><em>peningkatan hasil belajar siswa</em><em>, </em><em>dan respon siswa terhadap Discovery Learning Model</em><em> berbantuan</em><em> LKS </em><em>pada</em><em> siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, Lembar Kerja Siswa, soal tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS sangat baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS sebesar 15,23 kategori baik sekali yaitu dari rata-rata </em><em>nilai siswa </em><em>65,58 pada siklus I menjadi 80,81 pada siklus II, dan respon siswa terhadap penerapan Discovery Learning Model</em><em> </em><em>adalah positif dengan kategori baik</em><em> </em><em>Dengan demikian, penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah pada materi bangun ruang.</em><em></em></p><p><em> </em></p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Hasil </em><em>Belajar. Discovery Learning Model Berbantuan LKS</em> 2024-05-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3480 Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SDN 3 Singkawang 2024-05-30T13:35:26+00:00 Wenny Safitri wenny8123@gmail.com Rika Wahyuni rikawahyuni124@gmail.com Rien Anitra anitrarien@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) Mengetahui aktivitas siswa saat diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Post-Test Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Singkawang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dua sampel, Effect Size, dan persentase aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Perbedaan tersebut ditandai dengan nilai </em><em> &gt; </em><em> yaitu 4,997 &gt; 2,011. (2) Model Pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, diperoleh Effect Size sebesar 0,93 yang berkriteria tinggi. (3) Aktivitats siswa tergolong sangat aktif setelah diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom, diperoleh persentase 83,83% dengan kategori sangat aktif.</em></p> 2024-05-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/3490 HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN DATAR 2024-06-09T14:03:31+00:00 Elvionita Rusma elvionitarusma66@gmail.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong><strong>.</strong> <em>Penelitian ini menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara disiplin pendidikan dan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas V SDN 09 Pontianak Timur terhadap materi bangundatar. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian asosiatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dalam hal ini variabel disiplin belajar dan variabel kemampuan penalaran matematis Siswa kelas V mengalami kesulitan dalam penerapan konsep pecahan, kesulitan berhitung, dan kesulitan memahami konsep matematika. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Studi ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan sampel 36 siswa. Data dikumpulkan melalui tes penalaran matematis dan angket untuk mengukur kedisiplinan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara disiplin belajar dan kemampuan penalaran matematis, yang berarti bahwa siswa dengan disiplin belajar yang lebih baik cenderung memiliki kemampuan penalaran matematis yang lebih baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan disiplin belajar mengarah pada peningkatan kemampuan penalaran matematis.</em></p><p><strong> </strong></p><p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>kedisiplinan belajar,kemampuan penalaran matematis</em><em> </em></p> 2024-05-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika