Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Materi Peluang

Authors

  • Nazira Amalia Universitas Negeri Jakarta
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Flavia Aurelia Hidajat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3462

Abstract

Pada abad ke-21 kemampuan literasi matematis sangat penting dimiliki siswa untuk mempermudah kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM pada materi peluang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya di SMAN 26 Jakarta kelas X IPA. Instrumen penelitiannya menggunakan tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa rendah. Hal ini terlihat pada indikator employ dan interpret, sebagian besar siswa mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan soal AKM. Kekeliruan tersebut berdampak pada kesimpulan yang dibuat siswa tidak sejalan dengan proses employ. Pada indikator formulate siswa umumnya mampu menentukan butir-butir informasi dengan benar meskipun belum lengkap dan rinci.

 

References

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). ANALISIS RANCANGAN ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. PT. Rineka Cipta.

Budiono, C. S., Matematika, W. J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Artikel, I. (2014). PBM BERORIENTASI PISA BERPENDEKATAN PMRI BERMEDIA LKPD MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Unnes Journal of Mathematics Education , 3(3), 210–2019. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Gal, I., & Tout, D. (2014). Comparison of PIAAC and PISA Frameworks for Numeracy and Mathematical Literacy. OECD Education Working Papers, 102(102), 58. https://doi.org/10.1787/5jz3wl63cs6f-en

Hanah, R., & Muhsetyo, G. (2016). PENGGUNAAN BAHAN MANIPULATIF UNTUK MEMAHAMKAN MATERI PELUANG PADA SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan , 1(5), 927–939.

Kemendikbud. (2021). ASESMEN NASIONAL LEMBAR TANYA JAWAB. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/file_akm_202101_1.pdf

Klarita, E. N., & Syafi’ah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

OECD. (2012). Literacy, Numeracy and Problem Solving in Technology-Rich Environments: Framework for the OECD Survey of Adult Skills. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264128859-en

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. In PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en

Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). STUDI LITERASI MATEMATIS. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20479

Pratiwi, I., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2019). Long jump in asian games: Context of pisa-like mathematics problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 81–92. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5250.81-92

Prihartini, N., Sari, P., & Hadi, I. (2020). Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Kelas IX di SMPN 220 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4.

Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., & Noviantari, P. S. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1211

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., & Puteri, H. A. (2023). The Abilities of Junior High School Students in Solving PISA-Like Mathematical Problems on Uncertainty and Data Contents. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 102–109. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.51931

Tout, D., Coben, D., Geiger, V., Ginsburg, L., & Hoogland, K. (2017). Review of the PIAAC Numeracy Assessment Framework: Final Report. Australian Council for Educational Research.

Walidin, W., Syaifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.

Yuliani, W. (2018). QUANTA METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Zahrudin, mun, Ismail, S., Yuliati Zakiah, Q., Program Doktoral Pendidikan Islam, P., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). POLICY ANALYSIS OF IMPLEMENTATION OF MINIMUM COMPETENCY ASSESSMENT AS AN EFFORT TO IMPROVE READING LITERACY OF STUDENTS IN SCHOOLS. Peadagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. https://doi.org/10.31764

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Amalia, N., Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Materi Peluang. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1171–1182. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3462

Issue

Section

Articles