Literasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3453Abstract
Literasi matematika merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi abad ke-21. Adapun program yang menilai literasi matematika siswa adalah PISA. Jika dibandingkan dengan konten PISA lainnya, hasil literasi matematika pada konten quantity masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini melibatkan siswa SMA kelas 10 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah pada proses merumuskan, siswa mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan akan tetapi siswa tidak mengubah masalah menjadi bahasa matematika. Dalam proses menerapkan, siswa merancang dan menggunakan strategi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan dan menerapkan fakta, aturan dan algoritma selama proses mencari solusi. Kemudian dalam proses menafsirkan, siswa menafsirkan penemuan hasil penyelesaian ke dalam permasalahan dan mengevaluasi kesesuaian hasil penyelesaian permasalahan.
Kata Kunci: Literasi Matematika, PISA, Proses Matematika, Quantity
References
Ambarwati, B. T., & Ekawati, R. (2022). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Proporsi. MATHEdunesa, 11(2), 390-403.
Creswell, John W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadillah, A., & Ni’mah (2019). Analisis literasi matematika siswa dalam memecahkan soal matematika pisa konten change and relationship. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 127-131.
Geraldine, M., & Wijayanti, P. (2022). Literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship ditinjau dari self efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 5(2), 82-102.
Hidayah, A. R., Hakiki, I. A., Faishal'Afwi, M., & Fiangga, S. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(2), 6-13.
Mahfuud, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam memahami soal cerita pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 51-54
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (jurnal nasional pendidikan matematika), 4(2), 195-211.
OECD (2023), PISA 2022 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris
OECD (2019a), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris
OECD. (2019b). PISA 2018 Insights and Interpretations, PISA, OECD Publishing, Paris
OECD (2019c). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris.
Pratama, R. Y., Arjudin, A., Hikmah, N., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1472-1481.
Rokhima, N., Pamungkas, D., & Nurhayati, A. (2021). Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Pada Konten Quantity. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 2(1).
Sabila, D., Fadillah, S., & Hartono, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Menyelesaikan Soal PISA Change And Relationship Berdasarkan Gaya Belajar. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 905-912.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Dan Quantity. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 439-452.
Yesika, S., Nelly, W., & Anita, S. R. H. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V sekolah dasar. J-PiMat.
Rokhima, N., Pamungkas, D., & Nurhayati, A.(2021). Literasi Matematika Siswa SMPdalam Menyelesaikan Soal PISA Pada
Konten Quantity. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 2(1).
Sabila, D., Fadillah, S., & Hartono, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Menyelesaikan Soal PISA Change And Relationship Berdasarkan Gaya Belajar. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 905-912.
Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. In Seminar Nasional matematika dan pendidikan
matematika UNY (Vol. 8, pp. 713- 720).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Dan
Quantity. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 439-452.
Yesika, S., Nelly, W., & Anita, S. R. H. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V
sekolah dasar. J-PiMat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.