Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Self Regulated Learning Dan Self Confidence Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3438Abstract
Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi dampak keterampilan pemecahan masalah matematis terhadap regulasi diri dan kepercayaan diri siswa. Selain itu, artikel ini berupaya memberikan wawasan kepada para pendidik mengenai korelasi langsung antara pembelajaran mandiri, rasa percaya diri, dan kemahiran siswa dalam pemecahan masalah matematis di ruang kelas. Penelitian dilakukan di pada siswa kelas VIII di kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 117 siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket self-regulated learning dan kepercayaan diri serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: 1) adanya korelasi yang signifikan antara self-regulated learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) adanya hubungan yang penting antara kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 3) adanya hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dan self-solving pada aspek kepercayaan diri, dan 4) hubungan yang patut diperhatikan antara pengaturan diri dalam self-regulated learning.
Â
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-Regulated Learning, Self-Confidence
References
Annisa, Refli, Yenita Roza, and Maimunah Maimunah. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7(2): 481. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/2406/pdf.
Bangun, Cicilia Sriliasta, Toni Suhara, and Husin Husin. 2023. “The Application of Theory of Planned Behavior and Perceived Value on Online Purchase Behavior.†Technomedia Journal 8(1SP): 123–34.
Dian, Fransisca Tanjung. 2022. “Self Efficacy Dalam Pembelajaran Online Matematika.†J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 517–28.
Hasana, Siti Nurul, and Elva Riezky Maharany. 2017. “Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic for Application (Vba) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika.†JPM : Jurnal Pendidikan Matematika 3(2): 30.
Hidayati, Kana, and Endang Listyani. 2010. “Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa.†Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 14(1).
Mauldya. M.A., (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang. Cv Irdh.
Navyola, Vorry. 2022. “Literature Review: Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran Matematika.†J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 497–506.
Nur Aisyah, Puri;, Nilam; Nurani, Akbar Padillah, and Anik Yuliani. 2018. “Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP.†Journal On Education 1(1): 47–57.
Putra, Jaya Dwi. 2017. “Learning Cycle 5E Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Regulated Learning Matematika.†Prisma 6(1): 43–56.
Putri, Aulia Adytia, and Dadang Juandi. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) Di Indonesia.†Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7(2): 135–47.
Ramdan, Zenal Muh, Liana Veralita, Euis Eti Rohaeti, and Ratni Purwasih. 2018. “Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(2): 171.
Rita Tri Ratnasari, Rita Tri, Zikri Neni Iska, and Anis Fuadah Z. 2022. “Hubungan Antara Self Confidence Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.†Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar 2(2): 177–85.
Setiyadi, Desi. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar.†JISPE: Journal of Islamic Primary Education 1(1): 1–10.
Sihombing, Juliana, and Heni Pujiastuti. 2023. “Analisis Kemampuan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis.†J-PiMat 5(2): 799–806. 13/12/2023https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/2437.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis. Penerbit Andi.
Utami, Friska Mega, and Pendidikan. 2020. “291-568-1-Sm.†Prosiding 9(20): 9.
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Fransisca.T.D., Pinta.D.S., Flavia.A.H,Self Efficacydalam Pembelajaran….. 528 Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and SelfEfficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383.
Yuliati, Christina Lina, and Nancy Susianna. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, Dan Percaya Diri Siswa.†Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 13(1): 48–58.
Yustinaningrum, Bettri, Aida Fitri, and Juliana. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.†UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(1): 15–26.
Zamnah, Lala Nailah. 2017. “Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012.†Teorema 1(2): 31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.