Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Desy Permana Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mu'jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3428

Abstract

Currently, many studies on mathematics learning have been found in various literatures supported by the use of Realistic Mathematics Education (RME) learning. This meta-analysis study aims to determine the overall effect of using Realistic Mathematics Education (RME) learning on students' understanding of mathematical concepts. This study analyzed 13 journals indexed by SINTA with an interval of 2019-2023. Data were taken according to the inclusion and exclusion criteria of this study to determine the effect size (ES) and standard error (SE) values. The results of data analysis using the JASP software application version 0.18.1.0 show that the Realistic Mathematics Education (RME) learning on students' understanding of mathematical concepts as a whole has a positive influence where the estimated (ES) value is 0.736 or 74% based on RE Models with a moderate category, as well as the result of the p-value (egger's test) is 0.110 which means there is no indication of publication bias, as well as the results of the moderator variable analysis can also be seen that the application of Realistic Mathematics Education (RME) learning to students' understanding of mathematical concepts is appropriate for use at the elementary and junior high school levels with Estimation (ES) and RE Models values of 0.637 or 64% and 0.782 or 78% respectively, both of which are in the medium category.

Keyword: Realistic Mathematics Education, Meta-Analysis, understanding of mathematical concepts

 

Saat ini, banyak penelitian tentang pembelajaran matematika yang telah ditemukan dalam berbagai literatur yang didukung oleh penggunaan pembelajaran Realistic Mathematicss Education (RME). Studi meta-analisis ini bertujuan untuk menentukan pengaruh dan efek keseluruhan dari penggunaan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Pada studi ini menganalisis 13 jurnal yang terindeks SINTA dengan interval tahun 2019-2023. Data yang diambil pada penelitian ini sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang kemudian penelitian ini ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data yang digunakan menggunakan aplikasi software JASP versi 0.18.1.0 menunjukkan bahwa pembelajaran RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa secara keseluruhan memiliki pengaruh yang positif yang dimana didapatkan nilai Estimasi (ES) sebesar 0,736 atau 74% berdasarkan RE Models dapat dikategorikan pada kategori sedang, begitupula pada nilai p-value (egger’s test) yang sebesar 0.110 memberikan arti bahwa tidak terindikasi publication bias, hasil dari analisis variabel moderator juga dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa tepat digunakan pada jenjang SD dan SMP dengan nilai Estimasi (ES) dan RE Models masing-masing sebesar 0,637 atau 64% dan 0,782 atau 78% yang keduanya berada pada kategori sedang.

Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Meta-Analisis, Pemahaman Konsep Matematika

References

Amran, Fadil, K., & Kurnia, D. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pendekatan Problem Solving di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Apriyanti, E., Asrin, & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio.

Herwanto, H., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan.

Hidayat, E. I., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Hutari, R. R., Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).

Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the Last Two Decades of Realistic Mathematics Education Approaches. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15122a

Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).

Merina, Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan PMR dan Saintifik. Jurnal Tadris Matematika.

Purba, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4.

Purwadi, I. M. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Belajar Berbasis “Kahoot!†Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia.

Ramadhanti, E., & Marlina, R. (2019). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2539/1937

Ridha, F., Suharti, Halimah, A., & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika).

Setiawan, A. A., Muhtadi, A., & Hukom, J. (2022). Blended Learning and Student Mathematics Ability in Indonesia: A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 15(2), 905–916. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15249a

Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Youtube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran.

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Shoffa, S. (2022). Meta Analisis Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.571

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU.

Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Wansurni, D., Syamsuddin, N., & Susanti. (2022). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP. JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika.

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matemastis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen: Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Sari, D. P., Fadiana, M., & Sumadi, S. (2024). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1151–1160. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3428

Issue

Section

Articles