Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Krulik dan Rudnick Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3426Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Pandeglang yang akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18,75% siswa kecerdasan logis matematis tinggi, terdapat 65,63% siswa kecerdasan logis matematis sedang, dan terdapat 15,63% siswa kecerdasan logis matematis rendah. Kemudian dari setiap kategori dipilih 3 siswa untuk dievaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika serta diwawancarai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, subjek kecedasan logis matematis tinggi memenuhi lima tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, mencari jawaban, serta merefleksikan dan mengembangkan. Subjek kecerdasan logis matematis sedang memenuhi empat tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, serta mencari jawaban. Subjek kecerdasan logis matematis rendah memenuhi dua tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir dan mengeksplorasi dan merencanakan.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kecerdasan Logis Matematis, Tahapan Krulik dan Rudnick
References
Afriansyah, E. A. 2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa Via Pendekatan Realistic. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280.
Arsyad, N., Nasrullah, N., & Safaruddin, S. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 136.
Dewi, A., & Andirakasiwi, A. G. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Sesiomadika, 5(2), 713–729.
Fakhriyana, D. Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan dan Hubungan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). 2(6), 421-434.
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zhanty, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 227–236.
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786–792.
Hasanah, W., & Siswono, T. Y. E. (2013). Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Komposisi Fungsi. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (2), 1-6.
Hidayat, A., A. (2017). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1988). Problem Solving: A Handbook for Elementary School Teachers. In Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture.
Mahardhikawati, E., Mardiyana, Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 1(4), 119-128.
Masykur, M & Fathani, A. H. (2009). Mathematical Intellegence. Yogyakarta: ArRuzz Media Group.
Masynaeni, N. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Teori Wankat Dan Oreovicz Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas X Ipa Sman 13 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Mukarromah, L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Problem Posing pada Materi Himpunan Kelas VII MTS Nurul Huda Mojokerto. JP3, 14(8), 16-22.
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37-58.
Nurhayati, & Zanthy, L. S. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTS pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 23–35.
Nurlaily, V. A. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Universitas Sebelas Maret.
Rahimayanti, T. Y. (2016). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Mateatika pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Bangsari Jepara Berdasarkan Tipe Kepribadian. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9-18.
Rohmani, D., Rosmaiyadi., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Jurnal Variabel, 3(2), 90–102.
Samo, D. D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Tahun Pertama pada Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141–152.
Siregar, N. N., & Firmansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikan Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa SD Kelas VI Kabupaten Manokwari. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 116–122.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Supardi. (2014). Peran Kedisiplinan Belajar Dan Kecerdasan Matematis Logis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 4(2):, 4(2), 80–88.
Suryaningsih, T. (2019). Analisis Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasar Heuristik Krulik-Rudnick pada Materi Geometri Kelas 5 SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(4), 9–13.
Towe, M. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendekatan PMR Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP ST. Aloysius Turi Tahun Ajaran 2018/2019. (Tesis Magister, Universitas Sanata Dharma).
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).
Yayuk, E., Ekowati, D. W., Suwandayani, B. I., & Ulum, B. (2018). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Malang).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.