PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3400Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangan media pembelajaran powtoon pada materi program linier di SMK Negeri Hulu Gurung yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Hasil penelitian terkait dengan kepraktisan setelah dihitung mencapai kategori sangat valid dengan nilai kevalidan media sebesar 90% dan nilai kevalidan materi sebesar 92,08%, kemudian tingkat kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis dengan hasil angket respon siswa mencapai nilai sebesar 92,66% dan angket respon guru mencapai nilai sebesar 80% dengan kriteria sangat efektif. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 75,6% berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah.References
Arianto, Rio. (2018). penggunaan media powtoon untuk meningkatkan minat minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian indinesia. ilmiah ilmu pendidikan, ilmu ekonomi dan ilmu sosial.
Ernalida, dkk. (2018). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Sebagai upaya dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan kreatif. Jurnal Logat, 132-138.
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelaran matematika, 3(2), 44-51.
Herynugroho, dkk. (2010). matematika SMA kelas XII. Yogyakarta : Yudhistira.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia masalah matematis. pendidikan matematika, 9(2), 322-334.
kementrian pendidikan dan kebudayan edisi revisi. (2017). Jakarta: kementrian pendidikan dakn kebudayaan.
Kustandi & Darmawan. (2020). Pengembangan media pembelajaran . Jakarta : kencana.
Kusumawati, F., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis powtoon pada materi aritmatika sosial. jurnal cendekia : jurnal pendidikan matematika, 6(2), 1486-1498.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R . (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Marlena, N., dkk. (2018). penyegaran kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran melalui aplikasi powtoon dan screen o matic. pemberdayaan masyarakat madani, 2 (2).
Miftah, M. (2014). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar . KWANGSAN, 95-105.
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatkan kualitas belajar siswa. KWANGSAN, 1-11.
Nurdiansyah, Edwin, Emil El Faisal, dan Sulkipani. (2018). pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada perkuliahan pendidikan kewarganegaraan. civis : media kajian kewarganegaraan, 1-8.
Pangestu Dwi Marta & Wafa Ali Achmad. (2018). pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonmi pokok bahasan kebijakan ekonomi moneter untuk siswa ke;las XI SMA Negeri 1 Songosari. pendidikan ekonomi.
Rahman, M. & Sofan, A. (2013). Strategi & desain pengembangan sistem pembelajaran . Jakarta: prestasi pustakarya.
Sogiyono. (2008). metode penelitian kuatitatif kualitatif dan RnD. Bandung: alfabeta.
Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan (1 st ed). Graha Ilmu.
Sudjana dan Ahmad Rifa'i. (2010). media pengajaran. Bandung: sinar baru algensindo.
Sugiyono. (2017). metode penelitian dan pengembangan . Bandung: alfabeta.
Sugiyono. (2017). metode penelitian dan pengembangan (research and development/RnD). Bandung: alfabeta.
Sugiyono. (2018). metode penelitian pendidikan . Bandung: alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. komunikasi pendidikan , 101-113.
Tafonao, Talizaro. (2018, 3 november 2019 3). peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.
Awalia izomi, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal matematika krteatif dan inovatif , Vol 10. No 1.
Hanafi. (2017.). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman., Vol. 4. no 2.
Nurdiansyah, E. F. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civis: Media Kajian Kewarganegaraan , Vol. 15 No. 1.
widi., W. e. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Ptk, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.
Andi Rustandi, &. R. ((2021)). Penarapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.
Farista, R. &. ((2018)). Pengembangan Video Pembelajaran. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689-1699.
Masykur, R. N. ((2017)). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar :. Jurnal Pendidikan Matematika,, 8(2), 177.
Mie, E. K. ((2018)). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan , 15(2), 277-286.
Puspitarini, Y. D. (2019). Development of video media based on powtoon in social sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198-205.
Sudaryono, M. G. ((2013)). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (1 st ed). Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.