Pengembangan Modul Ajar "Mathpreneur" Sebagai Penguatan P5 pada Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3391Abstract
Modul ajar adalah rancangan pembelajaran atau perangkat yang disusun berdasarkan penerpan kurikulum di satuan pendidikan, bertujuan guna mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Terdapat hubungan yang erat antara Kurikulum dan pembelajaran, hal ini dikarenakan tujuan Kurikulum adalah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pada Kurikulum Merdeka, pendidik dituntut dapat lebih inovatif dan kreatif dalam merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar "Mathpreneur" berbasis kurikulum merdeka pada materi yang Aritmatika Sosial kelas VIII SMP. Modul ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Diperoleh modul ajar “Mathpreneur†yang peneliti kembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Â
Kata Kunci: Modul ajar, Mathpreneur, Kemampuan Matematika, ADDIE, Kurikulum MerdekaReferences
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.
Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi.
NCTM. (2000). NCTM. Journal of Equine Veterinary Science.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Novi, E., Siloto, T., Hutauruk, A., & Juliardi, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. 04(02), 194–209.
Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77
Prajitno, S. H., & Ladyawati, E. (2019). EFEKTIVITAS MODUL MATEMATIKA DISKRIT BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.11-22
Privana, E. O., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa.
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Rustianah. (2021). Modul ajar. Sistem Hidrolik.
Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4857
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.