Kemampuan Literasi Matematis dan Kaitanya dengan Penyelesaian Soal HOTS Berdasarkan Kecakapan Verbal Mahasiswa

Authors

  • Anggie Yolanda Ritonga Universitas Labuhanbatu,
  • Elida Florentina Sinaga Simanjorang Universitas Labuhanbatu
  • Anita Sri Rejeki Hutagaol Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3372

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya literasi matematika, kemampuan menyelesaikan soal HOTS, dan kecakapan verbal mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi matematis dalam kaitannya dengan penyelesaian soal HOTS berdasarkan kecakapan verbal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, dan objek penelitiannya kecakapan verbal. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data memakai soal HOTS, angket dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh mahasiswa dengan kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecakapan verbal tinggi dapat memenuhi semua indikator yaitu menerapkan, merumuskan, dan menafsirkan. Tingkat sedang, memenuhi indikator menerapkan dan tingkat rendah, semua indikator belum dipenuhi dengan benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan mahasiswa dengan kecakapan verbal tinggi dengan kemampuan literasi matematis dalam kaitannya, menyelesaikan soal HOTS lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki kecakapan verbal sedang atau rendah

 

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, HOTS, Kecakapan Verbal

References

Amelia. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 331–345.

Coklin, W., & Manfro, J. (2012). Higher Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Huntington: Shell Education Publishing. Inc.3.

Husna Nur Dinni. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 170–176.

Ida Zubaida, Widya Kusumaningsi, R. D. S. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 7.

Kurniawati, I. (2019). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. . Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 441–448.

Lailatul Mahfiroch, Sunismi, Abdul Halim Fathani, A. F. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kecerdasan-Logis Matematis dan Linguistik Pada Peserta Didik Kelas XI MAN di Kota Batu. JP3, 17(21), 6.

Mujib, M. S. (2020). STEM: Its Impact to Mathematics Literacy and Multiple Intelegences . Indonesian Journal of Sains and Mathematics Education, 66–73.

Mutmainah N. L., G. S. (2016). Profil Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Jurnal LPPM, 4(1), 137–138.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn IntoEveryday Use. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Setiawan, H. dkk. (2014). Soal Matematika dalam PISA kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 244–254.

Suci Ramadhani, E. dan T. Z. B. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Multiple Intelligences di MTsN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1), 77–78.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Pada Kurikulum 2013 Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Unes, 1, 876–884.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Ritonga, A. Y., Sinaga Simanjorang, E. F., & Hutagaol, A. S. R. (2024). Kemampuan Literasi Matematis dan Kaitanya dengan Penyelesaian Soal HOTS Berdasarkan Kecakapan Verbal Mahasiswa. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1109–1118. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3372

Issue

Section

Articles