EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Authors

  • Ahmad Zaki Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3366

Abstract

Hasil penelitian PISA 2018 memperlihatkan bahwa siswa Indonesia memiliki literasi matematika yang rendah. Literasi matematika yang rendah tersebut tentunya dapat menimbulkan masalah di masa depan, terutama ketika siswa dihadapkan pada penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sangat penting bagi para pengajar untuk menggunakan strategi pembelajaran yang efektif agar meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education; (2) mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis  deskriptif, analisis inferensial, dan gain ternormalisasi (N-gain). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematika siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “tinggiâ€, sedangkan kemampuan literasi matematika siswa di kelas kontrol secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “sedangâ€, selain itu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan uji n-gain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori “efektif†sedangkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional berada pada kategori “kurang efektif†sehingga dapat dinyatakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Realistic mathematics education, kemampuan literasi matematika, siswa  MTs

References

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133. doi:https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & McClure, A. (2008). The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics. Arizona State University.

Ayunis, & Dorisno. (2022). Efektifitas Pendekatan RME Terhadap Literasi Matematika Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 12(1), 11-20. doi:https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i1.4183

Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores AREA-D American Education Research Association’s Devision.D. Measurement and Reasearch Methodololy.

Istiqomah, P., Kamid, & Effendi-Hasibuan, M. H. (2021). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy siswa. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2775-2783. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4334

Juniarti, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 JUAI Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi, FTK UIN Antasari, 2019). Retrieved from https://idr.uin-antasari.ac.id/12889/

Kusumawati, E., & Turisia, T. M. (2014). Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaslistik (PMR) dan Mekanistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 70-79. doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.607

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55-65. doi:https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644

Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56-67. doi:DOI: 10.23969/pjme.v13i1.7566

OECD. (2013). Pisa 2012 Assessment And Analytical Framework: Mathematics,. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). Pisa 2018 Assessment And Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Kongruen, 1(4), 331-342.

Sedaryati, S. S. (2020). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Peka (Pendidikan Matematika), 4(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.37150/jp.v4i1.802

Setyawan, Y. R., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan geogebra terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 134-141. doi:https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18694

Zulkipli, & Ashori, H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 34-44. doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5118

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Zaki, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2024). EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1097–1108. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3366

Issue

Section

Articles