EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3366Abstract
Hasil penelitian PISA 2018 memperlihatkan bahwa siswa Indonesia memiliki literasi matematika yang rendah. Literasi matematika yang rendah tersebut tentunya dapat menimbulkan masalah di masa depan, terutama ketika siswa dihadapkan pada penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sangat penting bagi para pengajar untuk menggunakan strategi pembelajaran yang efektif agar meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education; (2) mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, dan gain ternormalisasi (N-gain). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematika siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “tinggiâ€, sedangkan kemampuan literasi matematika siswa di kelas kontrol secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “sedangâ€, selain itu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan uji n-gain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori “efektif†sedangkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional berada pada kategori “kurang efektif†sehingga dapat dinyatakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif digunakan dalam pembelajaran.
Â
Kata Kunci: Realistic mathematics education, kemampuan literasi matematika, siswa MTsReferences
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133. doi:https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & McClure, A. (2008). The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics. Arizona State University.
Ayunis, & Dorisno. (2022). Efektifitas Pendekatan RME Terhadap Literasi Matematika Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 12(1), 11-20. doi:https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i1.4183
Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores AREA-D American Education Research Association’s Devision.D. Measurement and Reasearch Methodololy.
Istiqomah, P., Kamid, & Effendi-Hasibuan, M. H. (2021). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy siswa. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2775-2783. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4334
Juniarti, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 JUAI Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi, FTK UIN Antasari, 2019). Retrieved from https://idr.uin-antasari.ac.id/12889/
Kusumawati, E., & Turisia, T. M. (2014). Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaslistik (PMR) dan Mekanistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 70-79. doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.607
Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.
Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55-65. doi:https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644
Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56-67. doi:DOI: 10.23969/pjme.v13i1.7566
OECD. (2013). Pisa 2012 Assessment And Analytical Framework: Mathematics,. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). Pisa 2018 Assessment And Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Kongruen, 1(4), 331-342.
Sedaryati, S. S. (2020). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Peka (Pendidikan Matematika), 4(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.37150/jp.v4i1.802
Setyawan, Y. R., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan geogebra terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 134-141. doi:https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18694
Zulkipli, & Ashori, H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 34-44. doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.