Pengaruh Penggunaan Aplikasi MathCityMap Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Yapis Merauke
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3355Abstract
Penelitian bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi MathCityMap terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Yapis Merauke dengan mengambil sampel siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengungkapkan tujuan penelitian meliputi tes numerasi dan angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk uji normalitas data menggunakan uji one sample Shapiro-Wilk dan dilanjutkan dengan analisis uji t satu sampel untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa setelah penerapan pembelajaran berbantuan MathCityMap termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata – rata 75.60. Rata – rata gain ternormalisasi pada hasil belajar siswa adalah 0.756. Nilai n-gain tersebut berada lebih dari N-gain 0.70 sehingga terjadi peningkatan kemampuan numerasi siswa setelah diterapkan pembelajaran MathCityMap pada siswa kelas VIII SMP Yapis dan termasuk kategori tinggi. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran MathCityMap dikategorikan positif dengan persentase 92,5%References
Barbosa, A., & Vale, I. (2016). Math Trails: Meaningful Mathematics Outside the Classroom With Pre-Service Teachers. Journal of the European Teacher Education Network, 11(135), 63–72. https://www.researchgate.net/publication/334639033
Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2019). Teaching and learning mathematics around the city supported by the use of digital technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.29333/ejmste/99514
Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2015). Designing mathematical outdoor tasks for the implementation of The MathCityMap-Project in Indonesia. 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education, 151–158. www.mathcitymap.eu.
Cahyono, A. N., & Miftahudin. (2018). Mobile technology in a mathematics trail program: how does it works? Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.21955
Hakim, A R, Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar dalam Aktivitas Math Trail. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 150–157.
Hakim, Arif Rahman, Asikin, M., & Cahyono, A. N. (2019). Aktifitas Math Trail Berbantuan Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 910–915.
Hoogland, K. (2023). The changing nature of basic skills in numeracy. Frontiers in Education, 8(1293754), 1–4. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1293754
Hoogland, K., & DÃez-Palomar, J. (2022). The Mathematisation of Society: Rethinking Basic Skills for Adults. Twelfth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (CERME12), 1–9. https://hal.science/hal-03745525
Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan MathCityMap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, November 2020, 17–26. https://www.researchgate.net/profile/Bayu-Fajar-Ismaya/publication/346407893_Kemampuan_Penalaran_Matematika_dengan_Math_Trail_Project_berbantuan_MathCityMap/links/5fc05675458515b797772bb5/Kemampuan-Penalaran-Matematika-dengan-Math-Trail-Project-berbantuan
Kemendikbudristek. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
Lubis, D. A., Arianto, L., Ashari, I. M. Al, & Amidi. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171–180.
Ludwig, M., & Jesberg, J. (2015). Using Mobile Technology to Provide Outdoor Modelling Tasks - The MathCityMap-Project. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2776–2781. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.517
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903
Nugraha, A. A., Rizal, N., & Cahyono, A. N. (2023). Mathematical Modelling Ability in Outdoor Learning with Mobile Math Trails. International Journal on Emerging Mathematics Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i1.24771
OECD. (2019). Indonesia-Country Note- PISA 2018 Results. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In PISA. OECD Publishing. Paris. https://doi.org/doi.org/10.1787/53f23881-en.
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003
Sadewo, B., & Amidi. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Project Based Learning ( Math Trail Project ) Bebantu MathCityMap. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 162–170.
Saputri, A. C. (2022). Eksplorasi Keraton Surakarta melalui MathCityMap untuk memberdayakan keterampilan numerasi siswa. In Praktik Baik Numerasi di Indonesia Berbantuan MathCityMap - Chapter SMP MIPA (pp. 15–28).
Sukaryo, A. F., & Sari, R. M. M. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Numerasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2), 461–472.
Vidermanova, K., & Vallo, D. (2015). Practical Geometry Tasks as a Method for Teaching Active Learning in Geometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1796–1800. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.421
Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Padegogik Pendidikan Dasar, 9(1), 135–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.