Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bunga & Anuitas

Authors

  • Mustaqim - Aimi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Zulfitri Aima
  • Dewi Yuliana Fitri

DOI:

https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3260

Abstract

Abstract. This research was motivated by students' low understanding of mathematical concepts in solving a problem. This research analyzes students' ability to understand mathematical concepts in interest and annuity material. The purpose of this research is to determine students' ability to understand mathematical concepts in interest and annuity material. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this research were students of class XI AKL 3 SMK Negeri 2 Padang. The research instruments used were concept understanding tests, interviews and documentation.

 

Keyword: Ability to understand concepts, interest and annuities

.

 

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bunga dan anuitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bunga dan anuitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 3 SMK Negeri 2 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, wawancara dan dokumentasi .

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Bunga dan Anuitas

References

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Reamaja Rosdakarya.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Radiusman. (2015). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal.Umj, 6(1), 1–8. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Aimi, M. .-., Aima, Z., & Fitri, D. Y. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bunga & Anuitas. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1065–1074. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3260

Issue

Section

Articles