Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Android Bermuatan Karakter Pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.2949Abstract
Masalah yang ditemukan pada siswa SMP Koperasi Pontianak adalah siswa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Setelah mengerjakan soal, siswa merasa puas bahwa tugas yang dikerjakan dapat terselesaikan, namun siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah didapatkan. Hal itu dikarenakan rendahnya karakter dan kurangnya minat belajar dan membaca siswa buku pelajaran yang disediakan oleh sekolah. Siswa lebih senang dan tertarik dengan smartphone dari pada membaca buku pelajaran. Pengembangan media pembelajaran komik berbasis android dengan bermuatan nilai karakter ini dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter siswa SMP Koperasi Pontianak. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengambangkan komik melalui perangkat android sebagai media pembelaran guna meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Koperasi Pontianak dengan menggunakan sampel sebanyak 22 siswa kelas VIII. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal posttest, angket respon siswa, angket respon guru, serta lembar validasi ahli materi dan media. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh rata-rata sebesar 88,44% serta hasil validasi materi sebesar 88,89% dengan kriteria “Sangat Validâ€. Data yang diperoleh dari angket respon siswa adalah 93% dan angket respon guru sebesar 95,29% dengan kriteria “Sangat Praktisâ€. Berdasarkan hasil posttet siswa memperoleh rata-rata 86,36% dengan kriteria “Sangat Efektifâ€. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran komik berbasis android bermuatan karakter sangat cocok untuk digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi statistika.ÂReferences
Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter, Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Irawan, E. 2016. Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 1-18.
Januszewski, A. and Molenda, M. (2008). Technology: A Definition With Commen-tary (New York: Lawrence Erlbaum Associates)
Khasanah, A. 2022. Problematika implementasi model pembelajaran Blended Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 35 Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019, October). Model addie untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).
Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan pemahaman kesiapsiagaan bencana banjir pada anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832-843.
Nasution, A. E. 2019. E-Kompen (Elektronik-Komik Pendek) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 13(1), 105-113.
Ningrum, N. L. 2023. Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Materi Statistika (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Rifky, H. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
Surijah, E. A., Anggara, I. M. F., Yanti, K. I., Luh, N., Sari, W. S., Hartika, L. D., ... & Sugiri, K. A. A. A. S. (2018). Komik Sebagai Media Pembelajaran Statistika. Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi, 2(2).
Wardana, I. W., & Safitri, R. 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Statistika Di Smp Koperasi Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(2), 468-477.
Yusuf, M. 2021. Pengembangan media komik fisika berbasis android bermuatan saintifik pada materi tekanan zat kelas VIII.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Journal of Mathematics Educational (J-PiMat)Â is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JEES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in J-PiMat Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of J-PiMat are required to cite the original source, including the author's names, J-PiMat as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant J-PiMat the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.