STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI SISWA SLOW LEARN DI SMP BANGKALAN

Authors

  • Wahyu Aliffah Salsabilla Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asrori Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hayumuti Hayumuti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2156

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi bagi guru PAI dalam mengatasi siswa dengan gangguan Slow Learner atau lamban belajar di SMP Al-Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, Analisis data menggunakan reduksi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi siswa slow learner pada mata pelajaran PAI diantaranya: 1) strategi guru dalam meberikan motivasi kepada siswa yang kurang percaya diri. 2) menempatkan siswa yang mengalami slow learner di bangku barisan depan. 3) merubah metode pembelajaran agar menjadi lebih menarik. Implikasi pada strategi ini siswa menjadi lebih faham dan fokus terhadap materi PAI, dan siswa menjadi lebih semangat dalam belajar Agama Islam.

Kata Kunci: Strategi, Lamban Belajar, PAI

 

ABSTRACT

This study aims to find solutions for PAI teachers in dealing with students with slow learner disorders or slow learners at Al-Falah Middle School. This study used a qualitative approach with the type of field research (field research). Data collection techniques using observation, interviews, and data analysis using data reduction. The results of the study show that the strategies used by the teacher in overcoming slow learner students in PAI subjects include: 1) the teacher's strategy in motivating students who lack self-confidence. 2) placing students who are slow learners in the front row seats. 3) change the learning method to make it more interesting. 

Keywords: Strategy. Slow Learn, PAI

References

Amri, Khoirul, Noor Laila, and Aan Widiyono. “Analisis Strategi Guru Dalam Mengajar Siswa Slow Learner Di Kelas II Sekolah Inklusi SDN Kembang 01 Dukuhseti Pati.†Journal on Teacher Education 3, no. 3 (2022): 328–36. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4821.

Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada, 2020.

Fajriah. “MODEL LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI SMP INKLUSI KOTA SEMARANG.†universita negeri semarang, 2021. https://arpusda.semarangkota.go.id/uploads/data_karya_ilmiah/20220112101036-2022-01-12data_karya_ilmiah101009.pdf.

fuad fitriawan, risa alfiyah ulfa. “Pendidikan Khusus Peserta Didik Tunagrahita Di SDN Inklusi 4 Karang Patihan Kecamatan Balong Dan SDLB Pertiwi Ponorogo.†Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 4 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.63.

Julfikli, Muhammad. “STRATEGI GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK LAMBAN BELAJAR.†universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang, 2019. http://etheses.uin-malang.ac.id/14241/1/16761011.pdf.

Kp, S D N, Bulak Iii, Septy Nurfadhillah, Adinda Rahmah Ishaq, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, Rifdah Fauziah, Ade Williah, and Wulan Novianty. “Analisis Faktor Penyebab Siswa Lambat Dan Cepat Belajar Kelas†4, no. 1 (2022): 4–9.

Mansyur, Abd. Rahim. “Telaah Problematika Anak Slow Learner Dalam Pembelajaran.†Education and Learning Journal 3, no. 1 (2022): 28. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.147.

Natsir, Emmy. “Problematika Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di UPTD SMP Negeri 1 Parepare†3, no. 2 (2021): 101–10.

Nengsi, Ratika, Abdul Malik, Andi Fadilah, and A Natsir. “Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner ( Studi Kasus Di MTsN Makassar )†2, no. 1 (2021): 49–56.

Nurfadhillah, Septy, Ayu Anjani, Elfrida Devianti, Nursiah, Nur Suci Ramadhanty, and Rachil Amalia Mufidah. “Lamban Belajar (Slow Learner) Dan Cepat Belajar (Fast Learner).†PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 3 (2021): 416–26. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.

Nuzuli, Ahmad Khairul, Oca Juanda Putra, Noni Yunita Putri T, Nover Darmansyah, Rian Pega Pratama, Romi Roy Chandra, Ilmu Komunikasi, and Fakultas Ushuluddin. “Strategi Komunikasi Guru Konseling SMAN 4 Sungai Penuh Dalam Pemenuhan Perhatian Pada Siswa Slow Learner†9, no. 2 (2022): 537–44.

Panggabean, Suvriadi dkk. Konsep Dan Strategi Pembelajaran - Google Books, 2021.

Pendahuluan, I. “Pendidikan Dalam Kebudayaan†15, no. 28 (2017): 17–28.

Prawesti, Ferdiana Suniya, and Nono Hery Yoenanto. “Strategi Pembelajaran Shaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Mengajar Siswa Slow Learner.†Jurnal Ecopsy 8, no. 1 (2021): 66. https://doi.org/10.20527/ecopsy.2021.02.006.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.†Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

RAHMAWATI, YAUMI. “STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK SLOW LEARNER (PEMBELAJAR LAMBAN) DI SEKOLAH INKLUSI,†2018. https://digilib.uinsa.ac.id/26048/3/Yaumi Rahmawati_FO2A16214.pdf.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin†17, no. 33 (2018): 81–95.

Slow, Anak, Learner Di, and S D N Cimone. “M a s l i Q†2, no. November (2022): 724–37.

Teti Sumiati, and Septi Gumiandari. “Pendekatan Neurosains Dalam Strategi Pembelajaranuntuk Siswa Slow Learner.†Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8, no. 3 (2022): 1050–69. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.326.

Unisa, Perpustakaan, Yogyakarta Email, Abstrak Perkembangan, Teknologi Informasi, Perpustakaan Stikes, Aisyiyah Yogyakarta, Ian H Witten- David Bainbridge, et al. “EVALUASI PERSIAPAN PERPUSTAKAAN STIKES ’ AISYIYAH YOGYAKARTA†13, no. 1 (2017): 37–46.

Utara, Kabupaten Minahasa. “Vol. 12 No. 4 / Oktober Desember 2019†12, no. 4 (2019).

Warif, Muhammad, Stai Ddi, Maros Abstrak, Kata Kunci, : Strategi, and Peserta Didik. “Strategi Guru Kelas Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Malas Belajar Class Teacher Strategy in Facing Lazy Students Learn.†Jurnal Tarbawi 4, no. 1 (2019): 38–55. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/2130/1702.

Yunaini, Norma. “Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi.†Journal Of Elementary School Education (JOuESE) 1, no. 1 (2021): 18–25. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1326.

Downloads

Additional Files

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles