PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PANCA SETYA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v2i2.763Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui kegiatan bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Panca Setya Sintang yang berjumlah 18 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B TK Panca Setya Sintang. Hasil ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan keterampilan berbicara pratindakan bahwa dari 18 anak, 3 anak (13,20%) pada kategori sangat baik. Hasil siklus 1 keterampilan berbicara anak meningkat menjadi 8 anak (49,20%) pada kategori baik. Hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan keterampilan berbicara pada kategori sangat baik menjadi 16 anak (86,30%).
Â
Kata Kunci : keterampilan berbicara, kegiatan bercerita
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Dhiene, Nurbiana. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan anak (jilid 1, terjemahan). Inggris: McGraw-Hill. Inc.
Lilis Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rama K, Tri. (2011). Kamus Legkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung.
Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (BP3GSD).