PERAN GURU DAN ORANGTUA MEMBANGUN NILAI MORAL DAN AGAMA SEBAGAI OPTIMALISASITUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.389Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orangtua membangun nilai moral dan agama sebagai optimalisasi tumbuhkembang anak usia dini. Penelitian ini bertolak dari sikap dan perilaku moral dan agama orang tua yang kurang optimal dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subjek Penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, para guru dan orang tua anak TK Santa Maria Sintang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan denganwawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan reduksi data, kategorisasi, display/penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua sangat dibutuhkan perannya dalam menumbuhkan sikap dan perilaku moral dan agama seorang anak. Pembiasaan yang disertai dengan teladan dan diperkuat dengan penanaman nilai-nilai yang mendasari secara bertahap akan mengembangkan hubungan seorang anak dengan Tuhan Yang Maha Esa dan sesama. Manfaat penelitian adalah anak melakukan keutamaan dalam hidupnya khususnya keutamaan moral dan agama.
 Kata kunci : Peran guru danorang tua, Nilai moral dan agama,Anak usia diniReferences
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asti Inawati. ( 2017). Strategis Pengembangan Moral dan Nilai Agama untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3. No.1
Gunarsa. (2009). Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta : BPK Gunung Mulia
Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
Kohlberg. L. & Richard H Hersh. (2010).
“Moral Development : a Review of the theoryâ€, Theory into Practice.Vol. 16, No. 2
Machsunah, Yayuk Chayatun. (2017).
Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pendidik (Studi Kasus di LBB Taman Pintar: Sahabat Sekolah Anak Lamongan). Journal STKIP PGRI Lamongan, Vol.1 No.2
Mendiknas. (2011). Pedoman PelaksanaPendidikan Karakter.Jakarta : Puskurbuk.
Permono, H. (2013). Peran Orang tua dalam
Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk MembangunKarakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting. Hal. 34-47. Jakarta : Univ.Persada Indonesia
Risnawati, Vivit. (2012). Optimalisasi
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui SentraMain PeranTaman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona Paud, Vol.1.No. 2
Saidah, E.S (2003). Pentingnya Stimulasi
Mental Dini Padu. Jurnal Ilmiah PAUD. Vol.2 No.51
Sapendi. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, Vol. 9.No.2
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D.Bandung: PT. Alfabeta.
-----------...(2014).MetodePenelitian
Pendidikan,PendekatanKuantitatif,Kualitatif&R & D.Bandung: PT.Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.
Sunarto, H. & Hartono, A. (2002).
Perkembangan Peserta Didik.Jakarta : Rineka Cipta
Suseno. (2010). Etika Dasar, Masalah-
Masalah Pokok Filsafat Moral.Yogyakarta : Kanisisus
Suyadi. (2010) . Psikologi Belajar Anak
Usia Dini. Yogyakarta : PT. Pustaka Aadani
Suyanto,S. (2005). Konsep Dasar
Pendidikan Usia Dini. Jakarta. Diknas Dirjen Dikti
Yunaida, dkk (2018). Outbound Berbasis
Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1
Zainab. (2012). Peningkatan Perkembangan
Moral Anak Melalui Metode Cerita BergambarTK Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona Paud, Vol 1. No.3