PERAN GURU DAN ORANGTUA MEMBANGUN NILAI MORAL DAN AGAMA SEBAGAI OPTIMALISASITUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Authors

  • Yohanes Berkhmas Mulyadi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.389

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orangtua membangun nilai moral dan agama sebagai optimalisasi tumbuhkembang anak usia dini. Penelitian ini bertolak dari sikap dan perilaku moral dan agama orang tua yang kurang optimal dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subjek Penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, para guru dan orang tua anak TK Santa Maria Sintang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan denganwawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan reduksi data, kategorisasi, display/penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua sangat dibutuhkan perannya dalam menumbuhkan sikap dan perilaku moral dan agama seorang anak. Pembiasaan yang disertai dengan teladan dan diperkuat dengan penanaman nilai-nilai yang mendasari secara bertahap akan mengembangkan hubungan seorang anak dengan Tuhan Yang Maha Esa dan sesama. Manfaat penelitian adalah anak melakukan keutamaan dalam hidupnya khususnya keutamaan moral dan agama.

 Kata kunci : Peran guru danorang tua, Nilai moral dan agama,Anak usia dini

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asti Inawati. ( 2017). Strategis Pengembangan Moral dan Nilai Agama untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3. No.1

Gunarsa. (2009). Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga

Kohlberg. L. & Richard H Hersh. (2010).

“Moral Development : a Review of the theoryâ€, Theory into Practice.Vol. 16, No. 2

Machsunah, Yayuk Chayatun. (2017).

Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pendidik (Studi Kasus di LBB Taman Pintar: Sahabat Sekolah Anak Lamongan). Journal STKIP PGRI Lamongan, Vol.1 No.2

Mendiknas. (2011). Pedoman PelaksanaPendidikan Karakter.Jakarta : Puskurbuk.

Permono, H. (2013). Peran Orang tua dalam

Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk MembangunKarakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting. Hal. 34-47. Jakarta : Univ.Persada Indonesia

Risnawati, Vivit. (2012). Optimalisasi

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui SentraMain PeranTaman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona Paud, Vol.1.No. 2

Saidah, E.S (2003). Pentingnya Stimulasi

Mental Dini Padu. Jurnal Ilmiah PAUD. Vol.2 No.51

Sapendi. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, Vol. 9.No.2

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D.Bandung: PT. Alfabeta.

-----------...(2014).MetodePenelitian

Pendidikan,PendekatanKuantitatif,Kualitatif&R & D.Bandung: PT.Alfabeta.

Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.

Sunarto, H. & Hartono, A. (2002).

Perkembangan Peserta Didik.Jakarta : Rineka Cipta

Suseno. (2010). Etika Dasar, Masalah-

Masalah Pokok Filsafat Moral.Yogyakarta : Kanisisus

Suyadi. (2010) . Psikologi Belajar Anak

Usia Dini. Yogyakarta : PT. Pustaka Aadani

Suyanto,S. (2005). Konsep Dasar

Pendidikan Usia Dini. Jakarta. Diknas Dirjen Dikti

Yunaida, dkk (2018). Outbound Berbasis

Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1

Zainab. (2012). Peningkatan Perkembangan

Moral Anak Melalui Metode Cerita BergambarTK Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona Paud, Vol 1. No.3

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles