PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN SIKAP MANDIRI ANAK TK B DEWI SARTIKA SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.387Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa dan sikap mandiri anak melalui penggunaan metode bercerita dengan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di TK B Dewi Sartika Sintang. Subjek penelitian berjumlah 20 orang anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan persiklus. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi dengan instrumen kemampuan berbahasa dan sikap mandiri, analisis data dilakukan secara deskriptif dengan kriteria ketuntasan adalah ≥ 65 . Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus,hasil penelitian menunjukkan akhir siklus I kemampuan berbahasa anak yang mencapai ketuntasan sebanyak 45%,meningkat diakhir siklus II 99%, dan sikap mandiri siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 40%, meningkat di akhir siklus II mencapai 90%. Ini berarti kegiatan pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan media gambar secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan sikap mandiri anak sesuai indikator yang diharapkan.
Kata Kunci:Â Metode Bercerita, Media Gambar, Kemampuan Berbahasa, Sikap Mandiri
References
Akhadiah M.K.S. Arsjad, M.G., Ridwan, S.H., Zulfahnur, & Mukti. 2000. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Buletin PAUD. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Menu Pembelajaran PADU, Vol.2 No.01. april 2003.
Depdiknas. 2006a. Petunjuk Pelaksana an Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Proyek pengadaan sarana dan prasarana peningkatan mutu dikmenum
----------2006. Petunjuk Teknis Penyelengaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Badan Litbang Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Panduan Pengelola Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Badan Litbang.
Peraturan menteri Pendidikan Nasional No. 58. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Santosa, P, dkk. 2009. Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarat: Universitas Terbuka
Sidharto,suryati,Rita Eka. 2007. Pengembangan Kebiasaan Positif. Yogyakarta: Pusat Penelitian Anak Usia Dini Kependidik-an. Vol.9. No. 1 Maret 2011:1-8
Siskandar. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Anak Usia Dini.
Slamet, 2007. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat. Publishing.
Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.