PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEGO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Kartini Kartini STKIP Meawi
  • Indria Susilawati STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media lego, (2) Pengaruh kreativitas antara kelompok anak yang diajarkan dengan media lego dan media konvensional di TK Global Melawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kreativitas anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media lego (Balok, (2) ada pengaruh yang signifikan mengenai kreativitas anak kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Prolehan mean kreativitas eksperimen lebih besar dari pada mean kelompok kontrol yaitu 37,00 > 31,17. Hasil uji-t dan posttest kemampuan kreativitas kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t-tabel dengan derajat bebas (df) 34 dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah sebesar 2,032. Nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 2,032 dan nilai p-value 0.000 < taraf signifikansi 0,005

Kata Kunci. : Pengaruh, Media Lego, Kreativitas

References

Depdiknas. (2003) Standar Kompetensi Pendidikan Anak usia Dini. Jakarta: departemen Pendidikan Nasional.

Howard-Jones, P.A., Taylor, J., & Sutton, L. (2002). The effect of play on the creativity of young children during subsequent activity. Journal Early Child Developmen and care

Ismail, A. (2006). Education game menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Krik, R.E. (1993) Experimental desingn: procedure for the behavoiral sciences. California. Broks Cole Publishing Company.

Lloyd, B. & Howe, N (2003). Solitary play and convergent and divergent thinking skill in. Preschool Children. Journal Early Childhood Research Quartely.

Miarso, Yusufhadi. (2007). Menyamai benih teknologi pendidikan. Jakarta: kencana

Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan permainan anak. Jakarta: universitas terbuka

Nuggraha, A, dkk. (2008). Materi pokok kurikulum dan bahan belajar TK. Jakarta: universitas Terbuka

Sugiyono, (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta

............, (2012).Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta

Susan, (2012). Understanding creativity early childhood. London: Age

Suaynto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat

Swartz, M.I, (2005). What’s standard. Young children. New youk: Mc Graw Hill

Tuckman, B.W., (1972). Conducting education researc. New Youk: Harcourt Brace Jovanovich, inc

Zahrah (2011). Penerapan belajar melalui bermain dalam meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak usia dini. Skripsi, tidak dipublikasikan . Universitas Alkhairat.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles