PENGENALAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN GEOMETRI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v6i2.2978Keywords:
Konsep matematika, Geometri, TK Aisyiyah Bustanul AthfalAbstract
Penelitian ini bertolak dari kenyataan bahwa anak-anak belum mengenal geometri sederhana seperti kerucut, bidang, ruang, segi empat. Geometri adalah bagian dari matematika yang membahas mengenai titik, garis, bidang,dan ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengenalan konsep matematika melalui kegiatan tentang geometri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sintang.Hasil penelitian menunjukan bahwa anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sintang senang belajar tentang ruang, garis, bidang hanya tetap dipandu oleh ibu guru. Kemauan anak- anak untuk belajar ditandai semangat belajar dan mengikuti arahan guru.References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran .Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Astari, Tiara & Chozin.2019. Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika melalui
Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun. Semnas FIP.1-14
Depdiknas 2010. Standar Pendidikan Nasional. Jakarta
Indriani. 2013. Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan
Konsep Bilangan 1-5 Pada Anak Tunagrahita Ringan.
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Rema
Rosdakarya
Lubis.2021. Permainan Matematika Dan Sains Kreatif Bagi Anak Usia Dini Di TK IT An
Najah Takengon. 63-72
Rahmawati. 2008. Bahan Ajar Diklat Pendidikan Anak Usia Dini. Matematika Untuk
Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Rahmawati. 2017. Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui
Media Kata Bergambar. Jurnal SAP. Vol.1 No.3.
Wijaya. N.I. 2016. Konsep Dasar PAUD .Yogyakarata : Gava Media.