MENUMBUHKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI TK GRAHA MULIA SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.281Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada siswa/siswi TK Graha Mulia Sintang, (2) cara guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural di TK Graha Mulia Sintang, (3) faktor yang menjadi kendala guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural di TK Graha Mulia Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang guru TK Graha Mulia Sintang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini didasarkan pada model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada siswa/siswi TK Graha Mulia Sintang adalah nilai humanisme yang berupa sikap tolerasi, rasa saling menghargai dan memahami perbedaan(2) cara guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah melakukan kegiatan sederhana yang berupa pengalaman konkret dalam kehidupan sehari-hari anak, (3) faktor yang menjadi kendala guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah masih ada kerangka pikir dan cara pandang yang keliru yang ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Taman Kanak-Kanak.
References
Banks, A.J, & Banks, C.A.M. (2005). Multicultural education: issue and perspectives. Seattle: Wiley.
Brewer, A.J. (2007). Introduction to early chilhood education: preschool through primary grades. Boston: Pearson Education.
Huei-Ya, H. (2014). Multicultural education for young children-beginning from children’s picture books. Internasional Jounal of Education Planning & Administration, 4, 79-84.
Lexy J. Moleong. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Roopnarine, L.J & Johnson, E. J. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Kencana.
Suh, K.B., & Samuel A.F. (2011). The value of multiculturalism in global village: in the context of teaching children’s literature. The NERA Journal, 47, 1-10.
Yaya Suryana & H.A. Rusdiana. (2015). Pendidikan multikultural: suatu penguat jati diri bangsa. Bandung: CV. Mutika Mulia.
Undang-Undang No. 20