PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PERAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANCA SETYA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.278Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Panca Setya Sintang yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok A TK Panca Setya Sintang. Hasil ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan keterampilan sosial pratindakan bahwa dari 20 anak, 3 anak (13,22%) pada kategori sangat baik. Hasil siklus 1 keterampilan sosial anak meningkat menjadi 9 anak (50,06%) pada kategori baik. Hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan keterampilan sosial pada kategori sangat baik menjadi 18 anak (88,40%).
Kata kunci: keterampilan sosial, bermain peran
References
Ahman (1998). Efektifitas bermain peran sebagai model bimbingan dalam mengembangkan keterampilan sosial anak berkemampuan unggul. Jurnal penelitian, Vol, 3 No. 2
Badegruber, B. (2008). Life skills play for children. Amerika: Manufactured In the United State Of Amerika.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak (jilid 1, terjemahan). Inggris:
McGraw-Hill. Inc.
Hup, S. D., A, Le Blanc, M., Jewel, J. D., & Matson, J. L. (2009). Social behavior and skills in children. New York: Springer.
Liu, X. (2011). Young children’s social skills development and academic achievement: longitudinal analysis of developmental trajectories and enviornmental influences. International of Education Reseach, Vol, 4 No. 7.
Lewis, Gordon & Gunter Bedson. (2010). Playing For Children. New York: Oxford University Press.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Plummer, D. M. (2007). Self-Estem play for chlidren. London: Anthenaeum.
Koyama, T. (2011). The effects of social skills groups for young children with social delays. International of Journal Education Reseach, Vol, 1 No. 4.
Spence, Susan. H. (2008). Social Skills Training with Children and Young People. Theory, Evidence and Practice, 4, 8-9.
Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (BP3GSD).
Traci, W. L. (2012). The effectiveness of a social skills intervention for preventing aggression in children: an evaluation of the making choices intervention. International of Journal Education Reseach, Vol, 5 No. 14.
Tierney, Tm. D. J. (2011). Social Skills Teaching. International of Journal Education Reseach, Vol, 2 No. 5-6.
Winda Gunarti, Lilis Suryani & Azizah Muis. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.