PERAN ORANGTUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DIRUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v4i2.2584Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran orang tua dalam proses belajar anak di rumah pada masa pandemi covid-19, (2) faktor yang mempengaruhi proses belajar anak di rumah pada masa pandemi covid 19,(3) upaya yang dilakukan orang tua untuk proses belajar anak di rumah pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021. Narasumber adalah orang tua, anak dan guru pada kelas B1 di TK Bethel Sungai Sawak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data versi Milles data Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peran orang tua dalam proses belajar anak di rumah pada kelas B1, orang tua telah berperan dalam proses belajar anak di rumah pada masa pandemi covid-19 dengan mendampingi anak agar merasa tidak sendiri, memberikan semangat untuk anak, memfasilitasi kebutuhan anak, menjadi tempat berdiskusi dan bertanya untuk anak, mengenalkan diri sendiri pada anak, mengembangkan bakat anak, dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk anak belajar. (2) faktor yang mempengaruhi proses belajar anak di rumah pada masa pandemi covid-19 dapat diatasi oleh orang tua anak, namun ada 2 indikator yang sulit diatasi oleh orang tua yaitu faktor keadaan ekonomi keluarga dan faktor kurikulum. (3) upaya yang dilakukan orang tua untuk proses belajar anak di rumah pada masa pandemi covid-19, orang tua sudah berupaya dalam proses belajar anak di rumah dengan menyediakan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar di rumah, mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah, dan mengetahui kesulitan anak dalam belajar
Kata kunci: peran orang tua, proses belajar masa pandemi covid-19References
A’yun Qurrota, Prihartanti Nanik, & Chusniatun, 2015. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling) Fakultas Psikologi Universitas Muhammdiyah Surakarta, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammdiyah Surakarta, Vol. 13, No. 2, November 2015: 33-40
Arda Ardiansyah. 2020. Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah(Studi Kasus Pada Siswa Usia 10-12 Tahun pada Mata Pelajaran IPA) MUSAWA, Vol. 12 No.1 Juni 2020 halaman: 140-148
Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineks Cipta
Aziz Safrudin. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Paduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Kalimedia
Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media
Khuluqo Ihsana El. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Pelajar
Lilawati Agustien. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Gresik. Volume 5 Issue 1 Pages 549-558
Maimunawati Siti & Alif Muhammad. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran : strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang Banten : Penerbit 3M Media Karya Serang
Murdoko Widijo. 2017. Parenting With Leadership Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta : PT Elex Media
Komputindo Mursid. 2015. Belajar dan pembelajaran PAUD, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset
Nika Cahyati & Rita Kusumah, 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di RumahSaat Pandemi Covid 19. PG PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan1, PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 4 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159E-ISSN : 2549-7367
Novrinda, Nina Kurniah, & Yulidesni.2017. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan, PG PAUD- KIPUNIB, Vol. 2 no 1 Permendikbud nomor 146 Tahun 2014 Pasal 1 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan anak usia dini (PAUD)
Robert K.Yin. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta : Rajawali Pers
Selfi Lailiyatul Iftitah & Mardiyana Faridhatul anawaty. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (journal of childrhood education). Vol.4
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
_______. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
_______. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suyadi & Maulidiya Ulfah. 2016. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Syaiful Bahri Djamarah, 2020. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga : Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Umar Juairiah. 2018. Usaha Orang Tua dalam Peningkatan Pendidikan Anak di Pidie, Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies Vol. 4, No. 2.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1. Kemudian pada pasal 5 ayat 1