PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI PAUD AS SYUHADA TANJUNG LOMOBOK TIMUR

Authors

  • Eka Pamuji Rahayu Program Studi PG-PAUD STKIP HAMZAR, Lombok Utara
  • Baiq Desy Arfini Program Studi PG-PAUD STITU AL MAHSUNI, Lombok Timur
  • Lalu Iswandi Program Studi PG-PAUD STITU AL MAHSUNI, Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i2.2164

Keywords:

Metode Bercerita, Kemampuan Menyimak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil analisis peneparan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Kemampuan menyimak merupakan kemampuan mendengarkan dan memahami bicara orang lain. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A (4-5 tahun) di PAUD As Syuhada Tanjung Lombok Timur berjumlah 11 orang anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak sudah berkembang sangat baik melalui metode bercerita

References

Dhieni, Nurbiana dkk. (2007), Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Unuversitas Terbuka.

Isjoni. 2011. Model Pembeajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Kemdikbud. 2015. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Direktorat Pembinaaan

Milles Matthew B. 1994. Qualitative Data Analysis. Unite States of America: Sage Publication

Rahmatillah Ricci, dkk (2018) Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, 1(1), 39-51. https://www.researchgate.net/publication/330200536 (diakses 6 Januari 2023).

Yuliantini. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2022-11-01

Issue

Section

Articles