PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI PAUD AS SYUHADA TANJUNG LOMOBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i2.2164Keywords:
Metode Bercerita, Kemampuan MenyimakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil analisis peneparan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Kemampuan menyimak merupakan kemampuan mendengarkan dan memahami bicara orang lain. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A (4-5 tahun) di PAUD As Syuhada Tanjung Lombok Timur berjumlah 11 orang anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak sudah berkembang sangat baik melalui metode berceritaReferences
Dhieni, Nurbiana dkk. (2007), Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Unuversitas Terbuka.
Isjoni. 2011. Model Pembeajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Kemdikbud. 2015. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Direktorat Pembinaaan
Milles Matthew B. 1994. Qualitative Data Analysis. Unite States of America: Sage Publication
Rahmatillah Ricci, dkk (2018) Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, 1(1), 39-51. https://www.researchgate.net/publication/330200536 (diakses 6 Januari 2023).
Yuliantini. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains. Jakarta: PT. Indeks.