HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SINAR MENTARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Suryameng Suryameng Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang
  • Magdalena Novia Nadila Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i2.2136

Keywords:

Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Sosial Emosional.

Abstract

Kemampuan sosial emosional yang dimiliki anak tidaklah samadancara  penerapan pola asuh demokratis yang tentunya tidak sama dari setiap orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola asuh demokratis, mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mentari dan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pola asuh demokratis yang orang tua terapkan sangat baik dilihat dari perolehan angket 1569 dengan persentase 92,29% yaitu kategori sangat baik, perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mantari sangat baik dilihat dari perolehan angket sebesar 1617 dengan presentase 89,83% yaitu kategori sangat baik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dari nilai rhitung 0,600 > rhitung 0,44 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05.

 

Kata kunci: Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Sosial Emosional.

Downloads

Published

2022-11-01

Issue

Section

Articles