MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI KELOMPOK BERMAIN PELANGI RT.11 DESA PEMATANG GADUNG KECAMATAN MERSAM

Authors

  • Zulqarnain Zulqarnain Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari
  • Sukatin Sukatin Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari
  • Septiya Ayu Sapitri Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i1.1708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Percobaan Sains Sederhana Di Kelompok Bermain Pelangi RT.11 Desa Pematang Gadung Kecamatan Mersam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan 2 Siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 5 - 6 tahun yang tergabung dalam Kelompok B dan berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak di Kelompok Bermain Pelangi pada awal sebelum tindakan sebesar 41% yaitu ada 2 anak yang mulai berkembang kemampuan kognitif nya. Pada siklus 1 pertemuan ke-1 didapat hasil sebesar 59% yaitu anak yang berkembang menjadi 4 anak, kemudian di siklus 1 pertemuan ke-2 di peroleh hasil sebesar 68% yaitu anak yang berkembang menjadi  7 anak. Dan hasil pada Siklus 2 pertemuan ke-1 didapat hasil sebesar 78% yaitu jumlah anak yang berkembang meningkat menjadi 11 anak, kemudian pada siklus 2 pertemuan ke-2 didapat hasil sebesar 86% yaitu anak yang berkembang menjadi 12 anak. Selisih peningkatan hasil pada Pra Siklus ke Siklus 1 adalah sebesar 27% dan selisih Siklus 1 ke Siklus 2 adalah sebesar 18%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode percobaan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

 

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Percobaan Sains Sedehana.

References

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014

Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Chairul Anwar. 2014. Hakikat Manusia Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Suka Press.

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta :Kencana. 2010

Hamzah B.Uno, Nina Lamatenggo, dan Satria M.A Koni. 2014. Menjadi Peneliti Ptk yang

Profesional. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Risa Pahlewi. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Sains melalui Penerapan Metode

Eksperimen pada Proses Pelarutan pada anak kelompok B5 PAUD Dharma Wanita

Persatuan Prov.Bengkulu Jurnal Ilmiah Potensia, vol.1(2)).

Sigit Purnama, Hardiyanti Pratiwi, dan Prima Suci R.(2020). Penelitian Tindakan Kelas

Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sukatin, Zulqarnain dan Mashudi Hariyanto. 2020. Psikologi Kognitif (Tinjauan

Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini). Muara Bulian: Wade Group

Syaiful, Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2022-05-01

Issue

Section

Articles