POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN RESILIENSI ANAK (STUDI KASUS PADA SISWA “F†DI KELAS B TK PERMATA BUNDA DESA MAIT HILIR KECAMATAN SEPAUK)
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i1.1706Abstract
Bentuk kasih sayang orangtua terhadap anak adalah point sangat penting. Tetapi jika orang tua terlalu memanjakan anak maka akan membuat anak menjadi memiliki emosi yang kurang stabil. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh orang tua dalam menumbuhkan resiliensi anak pada siswa “F†di kelas B TK Permata Bunda Desa Mait Hilir Kecamatan Sepauk? 2) Untuk mengetahui apa saja komponen resiliensi keluarga anak pada siswa “F†di kelas B TK Permata Bunda Desa Mait Hilir Kecamatan Sepauk? 3) Untuk mendeskripsikan apa saja upaya yang dilakukan orang tua dalam menumbuhkan resiliensi anak pada siswa “F†Di Kelas B TK Permata Bunda Desa Mait Hilir Kecamatan Sepauk? Subyek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari siswa “Fâ€, ibu siswa “Fâ€, dan guru kelas siswa “Fâ€. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan kualitatif deskriptif dengan bentuk studi kasu.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data menggunakan interaktif model Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Pola asuh yang digunakan adalah pola asuh demokratis karena dengan penerapan ini orang tua membuat “F†menjadi lebih mandiri, dan berjiwa sosial. 2). Komponen resiliensi yang muncul adalah 2 family belief systems dan the role of religion karena tampak pada orang tua yang dapat menerima setiap dari kesalahan anaknya dengan tetap sabar. 3). Upaya yang dilakukan orang tua dalam menumbuhkan resiliensi anak adalah selalu sabar, memahami anak dengan tidak membuatnya merasa tersinggung, memberikan pengertian kepada teman-temanya agar bisa memahami “Fâ€.
Kata kunci: Pola Asuh, Resiliensi.
References
Djamarah, Syaiful Bahri.2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Kelurga.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ezizah, M. Erzad., 2017. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan
Keluarga.†Vol. 5 No. 2 Halaman 425.
Hidayati, M. 2013. “Peran Pendidik PAUD Dalam Membangun Resiliensi Anakâ€. Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini. Volume. 7 Edisi 1 April Halaman 192.
Idris, M. ISBN: 978-602-107-31-1. “Karakteristik Anak Usia Diniâ€. Halaman 38-40.
Novianti, R. 2018. “Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anakâ€. Educhild Vol. 7 No. 1 Halaman 27-31.
Patilima, H. 2012. “Peran Pendidik Pos PAUD Dalam Membangun Resiliensi Anak (Studi Kasus Di Kelas B Pos Paud Melati Pemulang Barat Tangerang Selatan).†Vol. 7 edisi 1 April Halaman 185.
Sari, D. K., Sri, S. dan Anni, S. 2018 “Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kualitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu)â€. Jurnal Ilmiah Potensi. Volume 5 (1), 1-6, Halaman 2-3.
Sholihah M. 2017 “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Pada Siswa Kelompok Bâ€. Jurnal Pendidikan PAUD. Volume 02 No. 1 Halaman 28.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, Neneng Tati, 2015 “Hubungan Antara Family Belief Systems Dan Tipe Pola Asuh
Dengan Behaviour Problems pada anak dengan Down Syndrome†TAZKIYA.
Journal of Psychology. Vol.3 No.2 Halaman 249