POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TK KELAS A PAUD INGGAR JAYA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i1.1702Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak TK kelas A PAUD Inggar Jaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah orangtua, guru dan siswa TK kelas A. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri terdiri dari reduksi data, displaydata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh yang paling dominan yang diterapkan oleh orang tua dengan menggunakan pola asuh demokratis, orang tua mampu meningkatkan motivasi belajar anak dengan pola asuh orang tua yaitu sebagai motivator, fasilitator dan mediator. (2) Hambatan pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu kesibukan orangtua karena kesibukan orang tua dalam bekerja menjadi kendala bagi orang tua dalam mengasuh anak. Rata-rata orang tua di desa Inggar Jaya berkerja sebagai buruh tani dan ada juga yang bekerja di kebun sawit, maka dari itu kesibukan ataupun pekerjaan orang tua sangatlah mempengaruhi pola asuh yang cenderung diterapkan oleh orang tua. (3) Upaya mengatasi hambatan pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan cara orang tua mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak, anak diajarkan untuk belajar secara rutin, tidak hanya belajar saat mendapatkan PR (pekerjaan rumah) atau akan menghadapi ulang. Pentingnya orang tua mengontrol anaknya dalam belajar karena kehadiran orang tua sangat memotivasi belajar anak.Â
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar AnakÂ
References
Anas Salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Diana Sari. “Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak.†Jurnal bimbingan dan konseling Indonesia: Teori dan Aplikasi 5 (November 2017).
Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Daradjat. 2010. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Askara.