PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR SEBAGAI PENDUKUNG AKTIVITAS BERMAIN DI PAUD

Authors

  • Eka Pamuji Rahayu Program Studi PG-PAUD SPAUDIP HAMZAR, Lombok Utara
  • Eva Mulianti Program Studi PG-PAUD SPAUDIP HAMZAR, Lombok Utara

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i1.1701

Abstract

Lingkungan belajar anak di PAUD dapat diklasifikasi menjadi dua yakni lingkungan belajar Indoor dan lingkungan belajar Outdoor. Dalam pengelolaan kedua lingkungan belajar ini dapat memiliki peran yang sangat strategis untuk menunjang aktivitas bermain anak. Dalam kegiatan konteks bermain, pengelolaan lingkungan belajar Indoor diyakini memiliki peran yang lebih sentral jika dibandingkan dengan lingkungan belajar outdoor. Lingkungan outdoor sendiri merupakan lingkungan yang berada di luar ruangan, dimana lingkungan ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan belajar yang ia peroleh melalui bermain yang sekaligus dapat mengembangkankan potensi yang dimiliki anak. Maka dari itu pengelolaan lingkungan belajar outdoor mengutamkan keamanan, kenyamanan dan mutu.

 

Kata kunci: Lingkungan Belajar Outdoor, Bermain, PAUD.

References

Asmawati, Luluk dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mariyana, Rita dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Bandung: Kencana.

Meissa, Cici. 2014. Pengelolaan Outdoor Class dalam Menunjang Pendidikan Karakter. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mulyasa. 20014. Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 tahun

tentang Standar Pendidikan Usia Dini

Downloads

Published

2022-05-01

Issue

Section

Articles