KOHESI GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL DALAM WACANA IKLAN AQUA PADA MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i2.292Abstract
Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam wacana iklan Aqua pada media sosial.Skripsi.Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat.Penelitian ini dilatar belakangi menganalisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam wacana iklan Aqua pada media sosial, terdapat 20 iklan Aqua. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aspek Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam wacana iklan Aqua pada media sosial dan bagaimanakah implementasi hasil analisis aspek Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam wacana iklan Aqua pada media sosial sebagai pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam wacana iklan Aqua pada media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumen resmi dan teknik simak catat. Alat pengumpul data adalah peneliti sebagai instrumen kunci. Hasil analisis data menganalisis aspek Kohesi Gramatikal dalam wacana iklan Aqua ditemukan adanya pengacuan demonstratif, pengacuan persona, pelesapan, penyulihan dan perangkaian. Analisis aspek Kohesi Leksikal dalam wacana iklan Aqua meliputi repetisi, hiponimi, ekuivalensi, kolokasi, dan sinonimi. Disimpulkan bahwa aspek Kohesi Gramatikal sering muncul adalah aspek pelesapan, pengacuan demonstratif dan pengacuan persona, yang jarang muncul adalah perangkaian. Aspek Kohesi Leksikal yang sering muncul adalah repetisi dan ekuivalensi dan yang jarang muncul adalah sinonimi sedangkan antonimi tidak muncul.
Â
Kata Kunci: Kohesi, hubungan antar kalimat dalam wacana