Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Submateri Zat Aditif
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.454Abstract
Film dokumenter merupakan salah satu media pembelajaran yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film dokumenter sebagai media pembelajaran pada submateri zat aditif di kelas VIII SMP. Film dokumenter ini memuat pengertian zat aditif, jenis-jenis zat aditif, zat aditif alami dan sintetis serta contohnya masing-masing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development. Film dokumenter ini memuat submateri zat aditif, selain itu juga memuat hasil uji formalin pada tahu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development. Validasi film dokumenter sebagai media pembelajaran dilakukan oleh validator, adapun aspek yang dinilai meliputi aspek format, isi, bahasa, dan pengoperasian. Hasil validasi menunjukkan film dokumenter dinyatakan valid dengan rata-rata total validasi 3,93. Disimpulkan bahwa media film dokumenter layak digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Andriyani, P., Masriani, & Muharini, R. (2019). Pemanfaatan tumbuhan sebagai zat aditif makanan oleh masyarakat desa Rasau Jaya Umum kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 74-87. DOI: 10.26418/jpmipa.v10i1.29752
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Atno. (2011). Efektivitas media CD interaktif dan media VCD terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA negeri di Banjarnegara ditinjau dari tingkat motivasi belajar. Paramita, 21(2), 213-225. DOI: 10.15294/paramita.v21i2.1041
Aufderheide, P. (2007). Documentary film : A very short introduction. New York: Oxford University.
Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55. DOI: 10.24815/jipi.v2i1.10729
Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhtarom. (2010). Pengaruh penggunaan compact disc of math (CD-M) sebagai media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Mranggen. Aksioma, 1(1), 77-90. DOI: 10.26877/aks.v1i1/Maret.76
Mulyana, Y. (2016). Penggunaan media film dokumenter untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran IPS. Pedagogi IPS, 2(1), 1-13. https://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/2083
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108-114. DOI: 10.24815/jpsi.v5i2.9825
Nurbaiti, Panjaitan, R.G.P., & Titin. (2017). The properness of adobe flash basis interaktive media for respiratory system learning material. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1662-1668. DOI: 10.15294/usej.v6i3.20350
Panjaitan, R.G.P., Savitri E., & Titin. (2016). Pengembangan media e-comic bilingual sub materi saluran dan kelenjar pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1379-1387. DOI: 10.15294/usej.v5i3.13167
Panjaitan, R.G.P., Lijana, & Wahyuni, E.S. (2019). The use of comic as learning medium for ecology. Unnes Science Education Journal, 8(1), 41-45. DOI: 10.15294/usej.v8i1.23194
Perkasa, H., & Sayatman. (2015). Perancangan film dokumenter – kawasan Purbakala Gunung Penanggungan. Jurnal sains dan Seni ITS, 5 (2), 355-358. DOI: 10.12962/j23373520.v5i2.21017
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15. DOI: 10.24815/kanun.v%25vi%25i.13293
Prajoko, S., Sudarisman, S., & Sutarno. (2012). Pembelajaran invertebrata model PBM dengan menggunakan multimedia film dokumenter dan multimedia animasi ditinjau dari gaya belajar dan kreativitas. Proceeding Biology Education Conference, 9(1), 218-226. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7450
Prastowo, A. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar. Yogyakarta: Diva.
Raisa, S., Adlim, & Safitri, R. (2017). Respon peserta didik terhadap pengembangan media audio-visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 80-85. DOI: 10.24815/jpsi.v5i2.9821
Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y. (2018). Pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 26-32. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.263
Rohani, A. (2014). Media instruksional edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono A., & Rahardjito. (2012). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.
Titin, & Dara, E.N. (2016). Penyusunan perangkat pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(1), 45-56. DOI: 10.26418/jpmipa.v7i1.17344
Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh penggunaan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 21-28. DOI: 10.24815/jipi.v2i1.10743
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS UNESA, Surabaya.
Zakia, A.R., Djamahar, D., & Rusdi. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah menggunakan media sosial e-learning terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pada sistem pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21-28. DOI: 10.31932/jpbio.v4i1.395
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) agree to the following terms:Â
- The all articles published on JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) has no responsibility for claims or claims to be filed by third parties due to copyright infringement and make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. The authors fully responsible for the content of articles and advertisements published in the journal JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), authors accept and reassure you to transfer all our rights on the article, including processing, reproduction, representation, printing, publishing, distribution, and electronic transmission, to be used by JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) officials for unlimited use.
At the time of submission of the manuscript, the authors asked to complete the 'Copyright Transfer Form' and should be signed electronically.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here.