PENGEMBANGAN E-BOOK MATAKULIAH DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVIS
DOI:
https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3587Keywords:
e-book, konstruktivisAbstract
Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam proses pembelajaran. Melihat betapa pentingnya bahan ajar dalam proses pembelajaran maka pengembangan bahan ajar di tingkat perguruan tinggi cukup banyak dilakukan agar dihasilkan bahan ajar yang dapat menunjang proses pembelajaran sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Salah satu bahan ajar yang belum dikembangkan di Universitas Insan Budi Utomo adalah bahan ajar elektronik (e-book) matakuliah desain dan strategi pembelajaran. Selama ini pengembangan dan penggunaan bahan ajar matakuliah Desain dan Strategi pembelajaran masih terbatas pada pemanfaatan power point presentation (ppt). Belum ada pengembangan bahan ajar elektronik berupa e-book. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar elektronik (e-book) berbasis konstruktivis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model ADDIE. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara dan observasi pembelajaran matakuliah Desain dan Strategi Pembelajaran, angket validasi ahli materi, media dan bahasa serta angket respon mahasiswa dan dosen terhadap implementasi produk. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 94,35%; hasil uji ahli media sebesar 83,45% dan ahli Bahasa sebesar 71,43% keduanya dalam kategori layak dengan predikat bagus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk e-book yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dengan predikat bagus.
References
Anindia, E. B. D. (2023). Pentingnya Pemanfaatan Electronic Book (e-book) dalam Membentuk
Moralitas Generasi Z. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 51.
Cintiara, D. A. dkk. (2023). Relevansi Open Educational Resources (E-Book) dalam Penghematan
Finansial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 384–392.
https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.881
Faza, W. M. dkk. (2023). The Development of E-Book Based on a Scientific Approach To Train Critical
Thinking Ability on the Structure and Function of Plant Tissue Topic. Bioedu Berkala Ilmiah
Pendidikan Biologi, 12(3), 773–786. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and
Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama
Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Maksum, M. P., & Sunarko, B. (2023). the Effect of E-Book Use, Digital Literacy and Availability of
Library Book Collections on Learning Achievement. Soedirman Economics Education Journal,
(Volume 5 No.1), 55–65. https://doi.org/10.32424/seej.v5i1.8275
Nazaruddin, A. (2021). Pengembangan E-Book dalam Pembelajaran.
Www.Bdkbanjarmasin.Kemenag.Go.Id.
https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/artikel/pengembangan-e-book-dalam-pembelajarananang-nazaruddin
Nurazizah, B. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft
Flipbook Berbasis Kontekstual. JUTECH : Journal Education and Technology, 3(1), 25–39.
Prasetya, D. D., & Dkk, I. (2016). Desain Template Buku Digital EPUB. Prosiding SENTIA 2016 -
Politeknik Negeri Malang, 8, 128–132.
http://sentia.polinema.ac.id/index.php/SENTIA2016/article/view/27/22
Prihatiningtyas, S., Putra, I. A., Wulandari, K., Prihatiningtyas, S., Putra, I. A., & Wulandari, K. (2023).
Volume 5, Nomor 1, Juni 2024
Reconstruction of Electronic Textbooks ( E-Books ) Assisted by Flip Pdf Professional on Optical
Instruments. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 78–85.
Rohinah, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android
di Sekolah Menengah Atas. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 79–94. http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1090
Rosmawati, W. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Book untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 979–1002.
https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1172
Sukiman, S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Pada
Mata Kuliah Penelitian Sastra. Education & Learning, 2(2), 98–104.
https://doi.org/10.57251/el.v2i2.381
Susilo, F. A. N. dkk. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan Media
Pembelajaran Smartphone pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Menerapkan
Prosedur Pemeliharaan Arsip Kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. Journal of Office
Administration : Education and Practice, 1(2), 179–195.
https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p179-195
Ulandari, M., Lesmana, C., & Santoso, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada
Mata Pelajaran Inforrmatika Kelas VII SMP LKIA Pontianak. Glosains: Jurnal Sains Global
Indonesia, 3(2), 49–61. https://doi.org/10.59784/glosains.v3i2.86
Utomo, A. B., Yelianti, U., & Wicaksana, E. J. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Mobile
Learning Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Development of Mobile Learning Ebook for
Plant Structure Course. 11, 95–106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.