CIVIL SOCIETY AND DIGITAL EDUCATION: A SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW (SLR)
DOI:
https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3440Keywords:
Digital, Education, Technology, StudyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan serta peran masyarakat sipil dalam pendidikan digital. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan Systematic Literatur Riview (SLR) dengan menggunakan 168 artikel terpilih dari database Scopus. Analisis artikel menggunakan aplikasi VOSviewer untuk melihat trend topik dari tahun ke tahun, negara, penulis, topik yang sedang dibahas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan diakui sebagai faktor penting dalam pengembangan sumber daya manusia, dan globalisasi telah memiliki dampak yang signifikan pada aspek ini. Dalam pendidikan digital, sumber daya multimedia digunakan untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Transformasi digital telah membawa perubahan signifikan dalam bidang pendidikan, dengan penekanan pada teknologi pendidikan digital yang menawarkan pengalaman belajar lebih interaktif dan dipersonalisasi. Integrasi teknologi digital memberikan manfaat seperti meningkatkan kualitas pembelajaran, aksesibilitas, dan adaptasi metode pengajaran. Literasi media digital (DML) menjadi sangat penting untuk memberdayakan siswa menjadi warga negara digital yang aktif. Masyarakat sipil berperan dalam mengembangkan multimedia yang efektif dan efisien untuk pendidikan digital, serta memberikan bimbingan dan menggunakan teknologi pendidikan digital. Hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang digital education di era digital saat ini, di mana orang dapat berkomunikasi dengan mudah bahkan dalam keadaan yang tidak pasti, penggunaan teknologi pembelajaran digital dapat membantu dan mempercepat proses belajar. Pembelajaran online yang didukung oleh teknologi digital dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan terbuka bagi siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan. Pendidikan memainkan peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia, dan globalisasi telah memiliki dampak yang signifikan. Dampak transformasi digital tidak terbatas pada sektor pendidikan saja. Ini memiliki dampak yang signifikan pada masyarakat sipil, seperti interaksi dan komunikasi yang lebih baik antara pejabat negara, organisasi sektor swasta, dan masyarakat umum. Platform media sosial telah menjadi alat yang kuat untuk memobilisasi komunitas, meningkatkan kesadaran tentang isu-isu sosial. Penelitian ini mempunyai keterbatasan dalam mencari artikel Keterbatasan penelitian ini adalah artikel yang digunakan hanya bersumber dari database Scopus dengan penelitian yang dipublish mulai tahun 2022-2023 sehingga temuan penelitian tidak dapat menggambarkan secara menyeluruh tentang dinamika, isu atau topik civil society and digital education. Penelitian selanjutnya perlu menggunakan artikel ilmiah yang bersumber dari database internasional bereputasi lainnya, seperti Web of Science dan Dimensionds.References
Amponsah, S, and T A Bekele. 2023. “Exploring Strategies for Including Visually Impaired Students in Online
Learning.†Education and Information Technologies 28 (8): 9355–77. https://doi.org/10.1007/s10639-
-11145-x.
Artopoulos, A. 2023. “Labyrinths of Platformization of Education in the Global South (and Beyond).†In The
New Digital Education Policy Landscape: From Education Systems to Platforms, 147–64. Universidad
de San Andrés, Argentina: Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781003373018-11.
Barzman, M, M Gerphagnon, G Aubin-Houzelstein, G.-L. Baron, A Bénart, F Bouchet, J Dibie, et al. 2021.
“Exploring Digital Transformation in Higher Education and Research via Scenarios.†Journal of
Futures Studies 25 (3): 65–78. https://doi.org/10.6531/JFS.202103_25(3).0006.
Chernykh, S I, and I G Borisenko. 2023. “Transformations of Trust Under Caused by Instabilities of Educational
Interactions.†In Lecture Notes in Networks and Systems, 250:253–62. Novosibirsk State Agrarian
University, Novosibirsk, Russian Federation: Springer Science and Business Media Deutschland
GmbH. https://doi.org/10.1007/978-3-030-78083-8_25.
Eugênio, J C, N L Pereira, and G M Lunardi. 2023. “Digital Technologies and Active Methodology in the
continuing education of civil police officers in Santa Catarina.†Revista Brasileira de Ciencias Policiais
(12): 253–96. https://doi.org/10.31412/rbcp.v14i12.1027.
Gillani, N, D Beeferman, C Overney, C Vega-Pourheydarian, and D Roy. 2023. “All A-Board: Sharing
Educational Data Science Research with School Districts.†In L@S 2023 - Proceedings of the 10th ACM
Conference on Learning @ Scale, 35–47. Northeastern University, Boston, MA, United States:
Association for Computing Machinery, Inc. https://doi.org/10.1145/3573051.3593377.
Hammond, S P, G Polizzi, and K J Bartholomew. 2023. “Using a Socio-Ecological Framework to Understand
How 8–12-Year-Olds Build and Show Digital Resilience: A Multi-Perspective and Multimethod
Qualitative Study.†Education and Information Technologies 28 (4): 3681–3709.
https://doi.org/10.1007/s10639-022-11240-z.
Jha, S K. 2023. “The Counterfeit Degree Certificate: Application of Blockchain Technology in Higher
Education in India.†Library Hi Tech News 40 (2): 20–24. https://doi.org/10.1108/LHTN-02-2022-
Kulkarni, S J. 2022. “Effect of COVID-19 Lockdown on Higher Education: Challenges Facing Engineering
Education in India.†In COVID-19 and a World of Ad Hoc Geographies: Volume 1, 1:2109–17. Gharda
Volume 5, Nomor 1, Juni 2024
Institute of Technology, Maharashtra, Lavel, India: Springer International Publishing.
https://doi.org/10.1007/978-3-030-94350-9_114.
Lechman, E, and M Popowska. 2022. “Harnessing Digital Technologies for Poverty Reduction. Evidence for
Low-Income and Lower-Middle Income Countries.†Telecommunications Policy 46 (6).
https://doi.org/10.1016/j.telpol.2022.102313.
Mourão, S, S Pinheiro, M M Mendes, P Caetano, and O Magano. 2023. “How Did the COVID-19 Pandemic
and Digital Divide Impact Ciganos/Roma School Pathways?†Social Sciences 12 (2).
https://doi.org/10.3390/socsci12020086.
Neisig, M, and U K Hansen. 2020. “A Polycentric Network Forming Digital Competencies for the Future.†In
Human and Technological Resource Management (HTRM): New Insights into Revolution 4.0, 19–36.
Roskilde University, Denmark: Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/978-1-83867-
-220201002.
Ochara, N M, T Iyamu, and J N Odhiambo. 2019. “Editorial: New Frontiers of the Fourth Industrial Revolution.â€
In 2019 Open Innovations Conference, OI 2019, edited by Ochara N.M. and Odhiambo J.N., I–II.
University of Venda, South Africa Research Assoc., University of Witwatersrand, Department of
Information Systems, South Africa: Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc.
https://doi.org/10.1109/OI.2019.8908160.
Pogodina, I V, G V Stankevich, and D A Avdeev. 2022. “The Role of Universities in Building Citizens’
Competencies Required for E-Participation.†In Education in the Asia-Pacific Region, 65:215–20.
Vladimir State University, Vladimir, Russian Federation: Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-
-9069-3_22.
Putinceva, N, M Liubarskaia, and D Ipatova. 2023. “Revision of Modern Education Strategies as the Basis for
the Development of Sustainable Smart Cities.†In Lecture Notes in Networks and Systems, edited by
Ilin I., Kudryavtseva T., and Petrova M.M., 684 LNNS:13–26. Peter the Great St. Petersburg
Polytechnic University, Saint-Petersburg, Russian Federation: Springer Science and Business Media
Deutschland GmbH. https://doi.org/10.1007/978-3-031-32719-3_2.
Rojas-Estrada, E.-G., I Aguaded, and R GarcÃa-Ruiz. 2023. “Media and Information Literacy in the Prescribed
Curriculum: A Systematic Review on Its Integration.†Education and Information Technologies.
https://doi.org/10.1007/s10639-023-12154-0.
S.I., Ashmarina, and Mantulenko V.V., eds. 2022. “9th International Scientific Conference on Digital
Transformation of the Economy: Challenges, Trends and New Opportunities, ISCDTE 2021.†Lecture
Notes in Networks and Systems 304. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-
&partnerID=40&md5=e09f24f45e5fabd073cb99d5eb295175.
Salonia, P. 2022. “Role of Digital Technologies, Robotics, and Augmented Realities.†In Handbook of Cultural
Heritage Analysis, 2:1465–96. Institute of Cultural Heritage Sciences of Italian National Research
Council, ISPC CNR (formerly Institute for Technologies Applied to Cultural Heritage - ITABC CNR),
ICOMOS IT (Advisor and Executive Board Member), International Committee of Architectural:
Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-60016-7_50.
Schaper, M.-M., and N Pares. 2022. “Enhancing Students’ Social and Emotional Learning in Educational
Virtual Heritage through Projective Augmented Reality.†In Conference on Human Factors in
Computing Systems - Proceedings. Department of Information and Communication Technologies,
Universitat Pompeu Fabra, Barcelona, Spain: Association for Computing Machinery.
https://doi.org/10.1145/3491101.3503551.
Shahzad, K, S A Khan, S Ahmad, and A Iqbal. 2022. “A Scoping Review of the Relationship of Big Data
Analytics with Context-Based Fake News Detection on Digital Media in Data Age.†Sustainability
(Switzerland) 14 (21). https://doi.org/10.3390/su142114365.
Skøtt, B. 2022. “Digital Dissemination Skills in Public Libraries.†Digital Library Perspectives 38 (3): 301–17.
https://doi.org/10.1108/DLP-03-2021-0018.
Stigall, M, and K.-K.R. Choo. 2022. “Digital Forensics Education: Challenges and Future Opportunities.†In
Lecture Notes in Networks and Systems, edited by Choo K.R., Morris T., Peterson G., and Imsand E.,
:28–46. Department of Information Systems and Cyber Security, University of Texas at San
Volume 5, Nomor 1, Juni 2024
Antonio, San Antonio, 78249, TX, United States: Springer Science and Business Media Deutschland
GmbH. https://doi.org/10.1007/978-3-030-84614-5_4.
Suwana, F. 2021. “Content, Changers, Community and Collaboration: Expanding Digital Media Literacy
Initiatives.†Media Practice and Education 22 (2): 153–70.
https://doi.org/10.1080/25741136.2021.1888192.
Szczepański, P, and M Pacer. 2021. “Impact of the Covid-19 Pandemic on Education: A Case from a Military
Academy.†In Springer Proceedings in Complexity, edited by Visvizi A., Troisi O., and Saeedi K., 179–
Military University of Land Forces, Wroclaw, 51-147, Poland: Springer Science and Business
Media B.V. https://doi.org/10.1007/978-3-030-84311-3_17.
Yarmak, O, T Shkaiderova, E Strashko, M Bolshakova, and L Garas. 2021. “Institution of Higher Education
Transformation and Society’s Response to Distance Learning during the Covid 19 Pandemic.†In E3S
Web of Conferences, edited by Breskich V. and Uvarova S. Vol. 244. Sevastopol State University, 33,
Universitetskaya St., Sevastopol, Russian Federation: EDP Sciences.
https://doi.org/10.1051/e3sconf/202124411043.
Young, J A, and S R Brady. 2022. “Re-Imagining Digital and New Media Literacies in Social Work
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.