PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL CANVA PADA BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT
DOI:
https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3435Keywords:
Career Guidance, Canva, Career PlanningAbstract
Bimbingan karir dalam pemilihan studi lanjut sangat diperlukan  karena merupakan langkah awal dalam pemilihan karir nantinya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa berpengaruh dalam penggunaan media digital canva pada bimbingan karir dalam meningkatkan pemahaman studi lanjut. Metode dalam penelitian ini menggunakan model One Group Pretest-Posttest Design dan dalam menentukan subyek dilakukan dengan random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket.  Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital canva pada bimbingan karir dalam meningkatkan pemahaman studi lanjut sangat berpengaruh. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dengan pemahaman siswa dalam menentukan pilihan perencanaan studi lanjut. Data menunjukkan sebelum diberikan bimbingan karir diperoleh 46,03 dan setelah dilakukan bimbingan karir melalui media canva diperoleh data sebesar 77,67. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media digital canva pada bimbingan karir dalam meningkatkan pemahaman studi lanjut berpengaruh bagi siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Semarang Kota Semarang.References
Amalia, R., Nufi, E. P., & Maydana, I. (2024). Inovasi Penggunaan Media Digital pada Layanan Bimbingan Karir dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0. Anterior Jurnal, 23(1), 27–33.
Anindya, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(1), 1–11.
Apriyanto, W., Handayani, D. A. K., & Prihandoko, T. L. (2024). UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK 1 SMK N 3 KENDAL. Emphaty Cons-Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 24–31.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan penelitian. Rineka Cipta.
Aryani, F., & Bakhtiar, M. I. (2018). Career Day Bagi Siswa dan Guru SMA Bimbingan Konseling. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–17.
Budiarti, E., Susanti, A., Elliza, E., & Purwanti, E. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Video Pembelajaran untuk mengenalkan Konsep Bilangan Kelompok Usia 4-5 Tahun di TK Ceria Kabupaten Pasuruan. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1821–1838.
Gunawan, S. A., & Annisa, D. F. (2023). Implementasi Pelayanan Bimbingan Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Teori Donald E. Super. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 1494–1499.
Hamid, S., & Utama, W. (2024). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutan di SMPN 11 Tangerang. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 303–308.
Harum, A. H., Wahyuni, N., Sinring, A., & Anas, M. (2023). Development of Career Cards Counseling Guidance Media to Improve Student’s Career Planning. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 6(1), 34–44.
Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). MEMAHAMI MEDIA UNTUK EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 111–123.
Winkel, W. S. (2021). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan.
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 84–95.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.