UPAYA PENCEGAHAN TIGA DOSA BESAR PENDIDIKAN MELALUI SOSIALISASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31932/jppm.v3i1.3483Abstract
Sekolah merupakan tempat dan lingkungan serta rumah kedua bagi peserta didik karena mereka lebih banyak memiliki waktu yang dihabiskan di sekolah daripada di rumah. Namun, tidak kecil kemungkinan sekolah juga menjadi tempat yang kurang aman untuk peserta didik karena adanya tiga dosa besar dalam Pendidikan seperti Perundungan, Intoleransi dan Kekerasan Seksual. Dunia pendidikan Indonesia mengalami tantangan besar dengan adanya tiga dosa besar yaitu Intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan adalah hal yang harus dicegah dan dihilangkan dari lembaga pendidikan. Selain mempengaruhi fisik, tiga dosa besar pendidikan juga akan mempengaruhi psikologi dan mempengaruhi perkembangan anak. Sosialisasi program kerja dalam mengikuti kampus mengajar 6 membahas mengenai bagaimana pengaruh Tiga Dosa Besar Pendidikan khususnya di SD Negeri 10 Nanga Sungai yang dimana tentunya tindakan kekerasannya akan sangat berpengaruh di dunia Pendidikan dan berdampak besar bagi masa depan Pendidikan. Dalam pelaksanaan sosialisasi kami menggunakan media video edukasi dari lembaga kemendikbudristek. Adapun tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi tiga dosa besar adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai tiga dosa besar dunia pendidikan agar para peserta didik dapat menghindari dan mencegah terjadinya tiga dosa besar pendidikan khususnya di sekolah penugasan SD Negeri 10 Nanga Sungai, Desa Saujung Giling Manik, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.
Kata Kunci: Sosialisasi, Pencegahan, Tiga Dosa Besar, Dunia Pendidikan, Sekolah Dasar.
References
Burger, C., Strohmeier, D., Sprober, N., Bauman, S., & Rigby, K. (2015). How teachers respond to school bullying: An examination of self-reported intervention strategy use, moderator effects, and concurrent use of multiple strategies. Teaching and Teacher Education, 51, 191-202
Busby, L... Patrick, L., & Gaudine, A. (2022). Upwards workplace bullying: A literature review. Sage Open, 12(1), 21582440221085010.
Duarte, T. de M., Patias, N. D., & Hohendorff, J. Von. (2023). Crencas de Professores sobre Violencia Sexual contra Criancas e Adolescentes. Psico-USF, 27, 635-648.
Miranda, M. H. H., Fernandes, F. E. C. V., Melo, R. A. de, & Meireles, R. C. (2020). Sexual violence against children and adolescents: an analysis of prevalence and associated factors. Revista Da Escola de Enfermagem Da USP, 54.
Rueda, P., Perez-Romero, N., Cerezo, M. V., & Fernandez-Berrocal, P. (2022). The role of emotional intelligence in adolescent bullying: A systematic review. PsicologÃa Educativa. Revista de Los Psicologos de La Educacion, 28(1), 53-59. (1, 2023)
, H. S. (2023, 08 04). Tiga Dosa Besar Pendidikan. Retrieved 01 21, 2024, from Humas SMA Hang Tuah 1: https://smahangtuah1.sch.id/2023/08/04/tiga-dosa-besar-pendidikan/
Mohammad, R. (2023, 01 23). Kegiatan sosialisasi3 dosa besar pendidikan dengan tema "Reformasi pendidikan nasional melawan intoleransi, dan kekerasan seksual dan perundungan di era society 5.0". Retrieved 01 20, 2024, from Universitas Mulawarman Repository "REPO-MAN" Center Of Excellence For Tropical Studies: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/47678
Mulyadi, B., Geasantri, Y., Julistian, A., AB, M. C., Yholanda, A., Ulfah, U., et al. (2023). Upaya penghapusan 3 dosa besar dalam dunia pendidikan. Pendidikan Karakter Unggul, 1-8.
Timur, H. L.-N. (2024, 01 22). LLDikti Wilayah XV Gelar Sosialisasi Pencegahan Tiga Dosa Besar di Dunia Pendidikan. Retrieved 06 01, 2023, from lldikti15.kemendukbud.go.id: https://lldikti15.kemendikbud.go.id/lldikti-wilayah-xv-gelar-sosialisasi-pencegahan-tiga-dosa-besar-di-dunia-pendidikan/
Yunina, D. S., Nissa, N. L., Nuzula, F., Hamdan, M. A., Ghozali, G. M., Mustaqim, M., et al. (2023). Sosialisasi 3 dosa besar dalam pendidikan untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di sdn banjar kemuning. Jurnal Budimas (ISSN:2715-8926), 1-8.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Internasional Creative Commons by 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Hak Cipta
Agar JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan naskah penelitian, kami membutuhkan hak penerbitan. Hal ini ditentukan oleh perjanjian penerbitan antara penulis dan JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta ke JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat dan penulis memiliki hak yang signifikan untuk menggunakan dan membagikan artikel mereka yang telah diterbitkan. Untuk naskah yang diserahkan, JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat diberikan hak sebagai berikut:
- Hak untuk menyediakan manuskrip dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan pada isu-isu selanjutnya.
- Kewenangan untuk menegakkan hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau dalam pelanggaran hak cipta.
Hak Cipta JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat juga untuk melindungi cara tertentu dari naskah yang telah ditulis untuk mendeskripsikan percobaan dan hasil. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat berjanji kepada penulisnya untuk melindungi dan mempertahankan penelitian mereka dan menerima tuduhan pelanggaran, plagiarisme, sengketa etika, dan penipuan. Selain itu, ini berarti bahwa manuskrip Anda dapat menjamin atribusi pekerjaan Anda, dengan memastikan Anda diidentifikasi sebagai penulisnya, dan Anda dapat bertindak sebagai pengurus catatan akademis pada penelitian Anda.