SOSIALISASI PENTINGNYA PEMBELAJARAN ETIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDN 024 SAMARINDA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31932/jppm.v3i1.3341Abstract
Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnya pembelajaran etika untuk membentuk karakter sopan santun siswa SDN 024 Samarinda Utara.peserta pada sosialisasi ini adalah guru, kepala Sekolah, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Kegiatan ini dilakukan dengan melalui forum diskusi dan tanya jawab.
Hasil menunjukan bahwa pembentukan karakter dan etika siswa sangatlah penting ditanamkan sejak dini, peran wali kelas dan orang tua juga sangat berpengaruh penting dalam maksimalkan pembentukan karakter dan etika siswa. Hal ini didukung dari hasil diskusi dan wawancara besama guru yang mengungkapkan bahwa perlu diingat pembentukan karakter dan etika siswa tidak dapat berkembang jika hanya di sekolah saja aka tetapi keluarga juga harus mengambil peran mengembangkan karakter anak, keluarga merupakan faktor penting dalam membentuk karakter siswa. kami memandang bahwa pendidikan karakter dan etika sangatlah berpengaruh penting atas prestasi siswa, dengan menyalurkan setiap nilai-nilai pendidikan karakter dan etika dalam proses pembelajaran siswa dengan perlahan akan memahami tentang pentingnya etika dalam kehidupan.
Â
Kata Kunci :Â Karakter Siswa, Pembelajaran Etika, Sosialisasi
References
DAFTAR RUJUKAN
Afdal, A. (2022). Penerapan Habituasi Dan Punishment Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Samarinda Tahun 2022. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6897-6902. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3402
Afdal, A., Hotimah, H. H., Arifin, N., Nugroho, T. C., & Muhdar, A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTs) KELAS IV C DI SDN 012 SAMARINDA ULU. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 170-181. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1510
Afdal, A., Tunru, A. A., Luther, D., Hendro, H., Nugroho, T. C., & Muhdar, A. (2023). PEMBERIAN PELAJARAN TAMBAHAN UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN SISWA AKIBAT COVID-19 DI DAERAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 59-65. https://doi.org/10.31932/jppm.v2i2.2526
Afdal, A., Ubang, D., Yani, A., Nugroho, T. C., & Aldi, A. (2023). Sosialisasi Pentingnya Melanjutkan Pendidikan bagi Masyarakat Apaokayan Daerah Perbatasan Indonesia dan Malaysia. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1084-1091. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.8068
Gowa, K. (2018). Program Pembelajaran Fullday School ( Studi Fenomenologi Di Sekolah Alam Insan Kamil.
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.
Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704–709.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Internasional Creative Commons by 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Hak Cipta
Agar JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan naskah penelitian, kami membutuhkan hak penerbitan. Hal ini ditentukan oleh perjanjian penerbitan antara penulis dan JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta ke JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat dan penulis memiliki hak yang signifikan untuk menggunakan dan membagikan artikel mereka yang telah diterbitkan. Untuk naskah yang diserahkan, JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat diberikan hak sebagai berikut:
- Hak untuk menyediakan manuskrip dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan pada isu-isu selanjutnya.
- Kewenangan untuk menegakkan hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau dalam pelanggaran hak cipta.
Hak Cipta JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat juga untuk melindungi cara tertentu dari naskah yang telah ditulis untuk mendeskripsikan percobaan dan hasil. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat berjanji kepada penulisnya untuk melindungi dan mempertahankan penelitian mereka dan menerima tuduhan pelanggaran, plagiarisme, sengketa etika, dan penipuan. Selain itu, ini berarti bahwa manuskrip Anda dapat menjamin atribusi pekerjaan Anda, dengan memastikan Anda diidentifikasi sebagai penulisnya, dan Anda dapat bertindak sebagai pengurus catatan akademis pada penelitian Anda.