IMPLEMENTASI MARKET DAY UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI DAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KM6
DOI:
https://doi.org/10.31932/jppm.v3i1.3217Abstract
: Program kampus mengajar yang menjadi salah satu inisiatif terkemuka dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di negeri ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa. Dalam kampus mengajar angkatan 6 ini menawarkan kesempatan untuk menerapkan inovasi pendidikan khususnya melalui implementasi Market Day. Dari sini rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana program Market Day diimplementasikan dalam program kampus mengajar? (2) Bagaimana meningkatkan keterampilan numerasi dan kemandirian siswa melalui Market Day? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Market Day di kelas dalam program kampus mengajar (2) Mendeskripsikan peningkatan kemandirian siswa melalui Market Day. Metode yang digunakan dalam program Market Day ini yaitu pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Market Day sebagai salah satu program di Sekolah Dasar dapat efektif dalam menanamkan karakter jiwa dan mental wirausaha pada siswa. Melalui kegiatan jual beli dalam Market Day, siswa dapat mengembangkan beberapa karakteristik wirausaha yang penting. Kegiatan Market Day dapat membangun karakter kewirausahaan kepada peserta didik diantaranya kreatif, inovatif, dan berorientasi pada masa depan, berani mengambil resiko, percaya diri, bertanggung jawab dan peduli, serta pandai mengelola keuangan. Karakter kewirausahaan ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang memotivasi minat peserta didik untuk menjadi seorang wirausahawan.
References
Aries, A. M. (2022). PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora Vol.1, No.4 Desember 2022, 71.
Ayuningtyas, C. E., & Hidayah, N. (2022). PengembanganPanduan Market Daybagi Anak SD Sebagai InternalisasiJiwa Kewirausahaan. Journalof Food and Culinary Vol. 5, No. 2, Desember 2022, 66.
Badawi. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DENGAN KEGIATAN MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR SOEKARNO HATTA. Jurnal Elsa, Volume 21 Nomor 1 April 2023, 91.
Dwinata, A., Asmarani, R., Sarumaha, M. S., Hikmah, N., & Pratiwi, E. Y. (2023). Program Market DaySebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDUVolume 7Nomor 4Tahun 2023Halaman2536-2544, 2542.
Lasmiatun, K., Wijayanti, S. N., Afriani, Y., Riatmaja, D. S., Triansya, F. A., & Gani, I. P. (2023). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day). Journal on EducationVolume 06, No. 01, September-Desember2023, 5600.
Munawaroh, I., & Marmoah, S. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN “MARKET DAY†SEBAGAI SARANA PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI GAYAM 5. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Purwaningsih, Y., Khasanah, L. N., & Yunus, M. (2023). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Tiga dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di SD Negeri 3 Ngabeyan Sukoharjo 2023. Jurnal Abdimas Multidisiplin (JAMU), 35.
Saaadah, S. S., & Nurjaman, A. N. (2023). Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui Kegiatan. Daya Nasional Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 21.
Safira, B. I., & Wibowo, D. C. (2023). IMPLEMENTASI POJOK BACA OLEH MAHASISWA KM5 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. JPPM : Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 80.
Semiawan, C. R. (2018). METODE PENELITIAN KUALITATIF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. Jakarta: PT Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Internasional Creative Commons by 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Hak Cipta
Agar JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan naskah penelitian, kami membutuhkan hak penerbitan. Hal ini ditentukan oleh perjanjian penerbitan antara penulis dan JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta ke JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat dan penulis memiliki hak yang signifikan untuk menggunakan dan membagikan artikel mereka yang telah diterbitkan. Untuk naskah yang diserahkan, JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat diberikan hak sebagai berikut:
- Hak untuk menyediakan manuskrip dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan pada isu-isu selanjutnya.
- Kewenangan untuk menegakkan hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau dalam pelanggaran hak cipta.
Hak Cipta JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat juga untuk melindungi cara tertentu dari naskah yang telah ditulis untuk mendeskripsikan percobaan dan hasil. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat berjanji kepada penulisnya untuk melindungi dan mempertahankan penelitian mereka dan menerima tuduhan pelanggaran, plagiarisme, sengketa etika, dan penipuan. Selain itu, ini berarti bahwa manuskrip Anda dapat menjamin atribusi pekerjaan Anda, dengan memastikan Anda diidentifikasi sebagai penulisnya, dan Anda dapat bertindak sebagai pengurus catatan akademis pada penelitian Anda.