STRATEGI PEMBELAJARAN AKSARA HAN PADA PEMBELAJARAN MANDARIN TINGKAT DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.920Keywords:
Aksara Han, Strategi belajar, Bahasa MandarinAbstract
ABSTRAK
Aksara Han merupakan aksara yang dibentuk dari goresan atau komponen yang ditulis dengan urutan tertentu dan disusun secara simetris pada satu bidang persegi. Hal ini menyebabkan mahasiswa Indonesia yang telah terbiasa dengan huruf latin mengalami kesulitan dalam mempelajari aksara Han. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ketepatan strategi belajar aksara Han yang digunakan oleh mahasiswa, agar dosen dapat memberikan arahan dan bimbingan dalam pemilihan strategi belajar yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner untuk mendata strategi belajar, sikap belajar dan kendala yang dihadapi saat belajar aksara Han serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Data penelitian diukur menggunakan skala likert 1-5 dan dianalisis secara deskriptif persentanse dengan hasil menunjukkan bahwa responden memiliki sikap positif dalam belajar, namun sebagian responden masih bergantung pada pengunaan pinyin, intensitas latihan belum maksimal dan tidak semua responden memanfaatkan karakteristik aksara Han untuk meningkatkan efektivitas dalam mengingat dan mempelajari penulisan, pelafalan dan arti aksara Han.
Kata Kunci:Â Aksara Han, Strategi belajar, Bahasa Mandarin
Â
ABSTRACT
Han characters are characters formed from strokes or components that are written in a certain order and arranged symmetrically on one square. This causes Indonesian students who are accustomed to Latin letters to experience difficulty in learning Han characters. Therefore, it is important to know the accuracy of the Han characters learning strategies used by students, so that lecturers can provide direction and guidance in choosing the right learning strategy. This research is a descriptive qualitative study using a questionnaire to record learning strategies, learning attitudes, and obstacles faced when learning Han characters and the efforts made to overcome them. The research was measured using a Likert scale of 1-5 and analyzed by the percentage descriptive with the results showing that respondents have a positive attitude in learning, but some respondents still depend on the use of pinyin, the intensity of the exercise is not maximal and not all respondents take advantage of the characteristics of the Han characters to increase the effectiveness in remembering and learning the writing, pronunciation, and meaning of Han characters.
Keywords:Â Han character, learning strategy, Chinese
References
Bie, Hongying, Huang, B. & Wang, L. 2018. å›½é™…æ±‰è¯æ•™å¦æ±‰å—æ•™å¦æ–¹æ³•与技巧 Pembelajaran Bahasa Mandarin Internasional—Metode dan Teknik Pengajaran Aksara Mandarin. Beijing: Language and Culture University Press.
Chen, Xi. 2001. æ±‰å—æ¼”化说略 Sinopsis Evolusi Aksara Mandarin. Beijing: Qunyan Press.
Chen, Xuechao. 2011. åŽæ–‡æ•™å¦æ³•Teaching Method of Chinese Language. Shaanxi: Shaanxi Normal University General Publishing House Co.Lnd.
Gao, Xiaoping. 2020. Australian Students’ Perceptions of the Challenges and Strategies for Learning Chinese Characters in Emergency Online Teaching. International Journal of Chinese Language Teaching, Vol 1 (1), P83-98.
Hu, Wenhua. 2008. 汉å—ä¸Žå¯¹å¤–æ±‰å—æ•™å¦ Hanzi dan Pengajaran Aksara Mandarin Untuk Siswa Asing. Shanghai: Xuelin Press.
Huang, Borong & Li, W. 2014. çŽ°ä»£æ±‰è¯ Bahasa Mandarin Modern. Beijing: Peking University Press.
Huang, Jinjin. 2000. 德国å¦ç”Ÿå¦ä¹ 汉å—的情况åŠå…¶å¦ä¹ ç–ç•¥Kondisi dan Strategi Pembelajaran Aksara Mandarin Pada Siswa Kewarganegaraan Jerman. è¯è¨€ç ”究特刊2000, p.323-27. æ¦æ±‰ï¼šå›½é™…æ±‰è¯æ•™å¦å¦æœ¯ç ”讨会论文集。ä¸å¾·åŒæ–¹åˆä½œç ”究计划人员交æµï¼ŒPPP计划编å·ï¼š8801-ppp-19.
Huang, Weijia. 2011. çŽ°ä»£æ±‰è¯æ–‡å—ç”é—® Question and Answer on Chinese Character. Beijing: Peking University Press.
Jiang, Xin & Zhao, G. 2001. åˆçº§é˜¶æ®µå¤–国留å¦ç”Ÿæ±‰å—å¦ä¹ ç–ç•¥çš„è°ƒæŸ¥ç ”ç©¶Penelitian Tentang Strategi Belajar Aksara Han pada Mahasiswa Luar Negeri Tingkat Dasar. China Academic Journal Electronic Publishing House, Edisi ke-4, P10-17.
Jiang, Xin. 2000. 汉è¯ä½œä¸ºç¬¬äºŒè¯è¨€å¦ä¹ ç–ç•¥ç ”ç©¶ Penelitian Tentang Strategi Belajar Bahasa Mandarin Sebagai Bahasa Kedua. Language Teaching and Linguistic Studies Jornal, Vol 1, P61-68.
Ke, Chuanren. 2018. The Routledge Handbook of Chinese Second Language Acquisition. USA: Routledge CRC Press.
Li, Xiangping. 2012. 汉å—ç†è®ºä¸Žåº”用 Teori dan Praktek Aksara Mandarin. Guangzhou: Jinan University Press.
Liu, Songhao. 2013. 第二è¯è¨€ä¹ å¾—å¯¼è®ºâ€”â€”å¯¹å¤–æ±‰è¯æ•™å¦è§†è§’Panduan Akuisisi Bahasa Kedua——Dari Sudut Pandang Pembelajaran Bahasa Mandarin Sebagai Bahasa Kedua. Beijing: World Book Inc.
Sung, K. Y., & Wu, H. P. 2011. Factors influencing the learning of Chinese characters. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 14(6), P683–700.
Sy, See & Abdullah, Arifuddin. 2014. Learners’ Attitudes, Perceptions, and Efforts Towards Mandarin As a Foreign Language Course. Journal of Arts, Science & Commerce, Vol. V(4), P38-47.
Zhang, Hesheng. 2013. 汉è¯å¯ä»¥è¿™æ ·æ•™â€”—è¯è¨€è¦ç´ 篇 Bahasa Mandarin Dapat Diajarkan Dengan Cara Ini ——Edisi Pengetahuan Bahasa. Beijing: The commercial Press.
Zhao, Guo & Jiang, Xin. 2002. æ€Žä¹ˆæ ·çš„æ±‰å—å¦ä¹ ç–略最有效?——对基础阶段å¦ç”Ÿçš„ä¸€æ¬¡è°ƒæŸ¥ç ”ç©¶Strategi Belajar Aksana Han yang Bagaimana yang Paling Efektif?——Suatu Penelitian Dasar Pada Mahasiswa Asing Tingkat Dasar. è¯è¨€æ–‡å—应用 Vol 2, Applied Linguistic, P79-85.
Zhou, Jian (2009) æ±‰å—æ•™å¦ç†è®ºä¸Žæ–¹æ³• Teori dan Metode Pengajaran Aksara Mandarin. Beijing: Peking University Press.
Website:
https://en.wikipedia.org/wiki/Chinese_character_classification, Klasifikasi Aksara Mandarin, diperbaharui 5 January 2020, pada pukul 03:36 (UTC), diakses 11 April 2020.
https://id.wikipedia.org/wiki/Aksara, Aksara Mandarin, diperbaharui 22 Maret 2020, pukul 19.18, diakses 11 April 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.