PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NANGA TEBIDAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v6i1.84Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa dalam membaca permulaan menggunakan media kartu huruf. Penelitian dilakukan di kelas II SD Negeri 02 Nanga Tebidah dengan subyek 21 orang siswa. Hasil analisis terhadap data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes menunjukkan bahwa di dalam pembelajaran membaca permulaan: (1) siswa perlu dibantu dalam membaca sebuah cerita karena masih banyak yang belum bisa mengenal huruf abjad. Kemampuan rata-rata membaca permulaan siswa pada siklus I adalah 58.85. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 81.85. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan 47,61% meningkat pada siklus II menjadi 90,47%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Â
Kata Kunci : Kemampuan membaca permulaan dan kartu huruf.References
Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Chaer, A. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hariyanti, F. 2013. Peningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen menggunakan Media Audio Visual Short Movie. Sintang : STKIP Persada Khatulistiwa.
Ima, Trumon. 2013. Membaca Permulaan. [Online]. Tersedia http://mardia-tiaceh.wordpress.com. [11 Juli 2014].
Irkham, Muhammad. 2010. Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Aksara Jawa. [Online]. Tersedia: http://lib.uin malang.ac.id/files/thesis/full-chapter/07140090.pdf. [12 Juli 2014].
Kesuma, A. 2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta: ESENSI Penerbit Erlangga.
Mulyadi. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif. [Online]. Tersedia: http://eprints.uns.ac.id/141/ 1/1689707092010093331.pdf [13 Juni 2014].
Muslich, M. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Neli, G. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Kembali Dongeng dengan menggunakan Model Mind Mapping. Sintang : STKIP Persada Khatulistiwa.
Paizaluddin. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Rahim, F. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Satori. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono, 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Supardi Tejo, 2010. Instrument-asesmen-membaca. [Online]. Tersedia http://dirham-andipurnama.blogspot.com/2010/05/kisi-kisi-instrumen-asesmen-membaca.html [13-Juni-2014]
Surya, 2010. Indonesia Belum Merdeka dari Buta Huruf. [Online]. Tersedia: http://www.berdikarionline.com/opini/ [13 Juni 2014].
.
Tarigan, HG. 2008. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
Tim EFK. 2006. Kartu Huruf. Jakarta : Erlangga for Kids.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.