KETAATAN SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa SMA Nusantara Indah Sintang)
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v6i1.83Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Nusantara Indah Sintang dengan judul “Ketaatan Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMA Nusantara Indah Sintang)â€.  Masalah penelitian adalah bagaimanakah ketaatan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah?. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana ketaatan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus.  Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil angket, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Ketaatan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah tergolong sedang, namun masih terdapat siswa yang melanggar tata tertib sekolah secara berulang.  2) Respon siswa terhadap sanksi atas pelanggaran  tata tertib di sekolah tergolong baik. 3) Upaya yang telah dilakukan oleh sekolah  tergolong baik, namun perlu diimbangi dengan pemberian reward dan punishment. Saran diharapkan sekolah senantiasa membina ketaatan  siswa dalam mematuhi tata tertib yang ada di sekolah serta memperjelas aturan dan langkah-langkah penegakan aturan serta diimbangi dengan pemberian reward dan punishment yang relevan.
Â
Kata Kunci: Ketaatan dan tata tertib sekolahReferences
Ali, M. ( 1998 ). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, S. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Eko Jaya
Maria, E. (2010). Ketaatan Siswa Kelas VIII Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah Pada SMP N 1 Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.